h1

H.T. Mamat Robby Suganda Peduli Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

20 Juli 2011

Darma, IB

H.T. MAMAT ROBBY SUGANDA, S.Sos, Ketua Komisi C DPRD Provinsi Jawa Barat peduli terhadap anak yatim piatu dan kaum dhuafa. Kepedulian itu merupakan bentuk tanggung jawab dan kebersamaan terhadap sesama kaum muslimin.

Kepedulian berupa paket sembako diberikan ketika dirinya memenuhi undangan peringatan Isro Mi’raj di Desa Gunungsirah Kecamatan Darma dan Kelurahan Cigadung Kecamatan Cigugur.

Di Masjid At-Taqwa Desa Gunungsirah, sekira 170 anak yatim dan kaum dhuafa mendapat santunan paket sembako. Sedangkan pada acara Isro Mi’raj yang dihelat oleh Majelis Taklim Kelurahan Cigadung, H. Mamat Robby menyerahkan santuan 200 paket.

Kepala Desa Gunungsirah, Totong Atiqurohman menyambut gembira kehadiran H. Mamat Robby Suganda. Kegembiraan ditunjukkan pula oleh masyarakat di desa penghasil Kesemek (Apel Ganjen) terbesar di Kabupaten Kuningan ini, yang menyambut kedatangan H. Mamat Robby dengan penuh antusias.

Warga Gunungsirah sangat bergairah dalam memperingati Isro Mi’raj. Hal itu tampak dari tumpleknya ribuan warga masyarakat memenuhi badan jalan di depan dan di dalam Masjid At Taqwa. Padahal di desa ini telah enam kali dilaksanakan peringatan Isro Mi’raj. Lima di setiap mushola dusun, dan sekali di masjid At Taqwa dua malam sebelumnya (malam Jum’at, red).

“Peringatan Isro Mi‘raj kali ini khusus diadakan dalam rangka silaturahmi dengan H. Mamat Robby. Karena di Masjid At Taqwa ini, baru dilaksanakan pada malam Jum’at sebelumnya,” ucap Totong, Sabtu (25/6).

Totong sendiri dalam kesempatan itu mengungkapkan keinginan warganya untuk membangun balai desa dan penataan lingkungan. “Kami meminta bantuan Pak Haji (Mamat Robby, red) untuk memperjuangkan bantuan dalam pembangunan kantor kepala desa yang sudah tidak layak dan penataan jalan lingkungan,” ucapnya.

Sementara itu, peringatan Isro Mi’raj di Kelurahan Cigadung didominasi oleh kehadiran kaum perempuan. Meski pengunjung lebih sedikit, namun lebih meriah. Ini karena tampilan para santri dari Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Al Huda Cigadung yang menyuguhkan alunan musik bernuansa Islami.

Acara dihadiri pula Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat H. Amin Santono, S.Sos, Lurah Cigadung Juhaman dan warga setempat.

H. Mamat Robby mengaku, apa yang dilakukannya semata-mata untuk masyarakat Kabupaten Kuningan, dan dalam melaksanakan tugas sebagai wakil rakyat melaporkan kepada konstituens..

Ia menampik bila acara itu dinilai oleh sebagian kalangan bernuansa politis berkenaaan momentum politik 2013 dan 2014. Sebagaimana diketahui bahwa pada 2013 ada momentum politik Pemilu Kada, dan 2014 ada Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden.

“Ini merupakan sebuah kepedulian kami kepada semua masyarakat. Tidak ada hubungannya dengan momentum politik tahun 2013 dan 2014,” ujarnya.

Masyarakat Kuningan, kata Robby, harus senantiasa berbuat kebaikan terhadap sesama yang kurang beruntung. “Kuningan akan maju, jika masyarakatnya memiliki kepedulian sosial, kepribadian dan perbuatan baik,” jelasnya.

Lurah Cigadung, Juhaman mengusulkan untuk merenovasi Masjid Al Huda dan perbaikan jalan lingkungan. “Memperbaiki masjid terutama momolo saat ini merupakan prioritas kami, kemudian memperbaiki jalan lingkungan yang kondisinya sudah rusak,” terang Juhaman.

Pembagian sembako dilakukan pula di Desa Galaherang Kecamatan Maleber dan Dusun Bangong Desa Cantilan Kecamatan Selajambe. Ratusan paket sembako di dua desa ini diserahkan oleh H. Wawan, kakaknya Mamat Robby yang merupakan pimpinan Yayasan Nur Amaliyah Jakarta.

Dengan kegiatan ini, ada dua manfaat yang bisa kita petik yakni bisa bersilaturahmi dan memberikan perhatin kepada anak yatim dan dhuafa yang perlu dibantu. “Santunan ini merupakan bentuk ibadah kepada Allah swt. Dengan memberikan sodaqoh ini rezeki kita tidak akan berkurang melainkan berlipat ganda,” ingat H. Iwan di Cigadung, Minggu (26/6). (kies)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: