Seluruh MI Swasta Dapat Rehab

Kuningan, IB

Tujuh puluh tiga Madrasah Ibtidaiyah (MI) swasta di lingkungan Kantor Departeman Agama Kabupaten Kuningan dapat bantuan secara berpariatif. Menurut Kepala Kandepag Kuningan, Drs. H. Encu Sukat WS, untuk lima MI Negeri rehab telah dialokasikan dalam DIPA pusat.

“Seluruh MI swasta mendapat bantuan rehab sebesar Rp. 9.882.000.000. Ini merupakan komitmen Kanwil Depag Provinsi Jawa Barat untuk menuntaskan rehab seluruh MI baik swasta maupun negeri pada tahun ini,” terang H. Encu, Senin (24/8) lalu.

Total dana yang dikucurkan mencapai Rp. 9,882.000.000. untuk 108 lokal dengan alokasi Rp. 91,5 per lokal. Di Depag kemungkinan pengucuran akan dilakukan bergiliran. Bila tahun ini fokus untuk MI swasta, mungkin tahun depan untuk MTs swasta, dan berikutnya MA swasta. Untuk pelaksanaan rehab dilakukan oleh Komite Sekolah.

Atas bantuan yang telah dikucurkan, Ia berharap bila satu MI dapat bantuan dua lokal agar dikembangkan menjadi tiga lokal atau sesuai kebutuhan, tanpa mengesampingkan kualitas pekerjaan. Bantuan rehab untuk medrasah ini diutamakan untuk membangun fisik. Penggunaannya disesuaikan dengan RAB (rencana anggaran belanja) sekolah yang bersangkutan. Boleh untuk ganti atap, lantai, kusen, dan lain-lain.

Salah satu sekolah yang pernah dikunjungi IB yakni MI Sindangjawa Kec. Kadugede. Kepala MI Sindangjawa, Mahrudin, Ama didampingi Guru Edi Junaedi, S.Ag menjelaskan, sebagai sekolah swasta, sekolah ini telah merintis pindah ke lokasi baru (sekarang, red) pada 2003. Mengalihkan dari semula di sekitar masjid desa ke sawah.

“Alhamdulillah secara bertahap bisa selesai. Tahun ini dapat rehab satu lokal untuk memperbaiki atas, memindahkan tembok, dan membuat kusen yang sudah ropok dengan kusen baru dari beton. Kontruksi non beton. Di lokasi sekolah dulu tidak wajar, selain sempit juga dekat jurang,” jelasnya.

Edi Rohedi Kasi Urais

Edi Rohedi S.Ag kini dipercaya mengisi formasi sebagai Kasi Urusan Agama Islam (Urais) Kantor Depag Kab. Kuningan. Mantan Kepala KUA Kuningan dan Ciawigebang ini, mengisi formasi yang ditinggalkan Drs. H. Oding Aminudin karena pensiun.

Pelantikan dilaksanakan oleh Kepala Kandepag Kuningan, Drs. H. Encu Sukat WS, MA di Aula Depag, Senin (31/8). Selain Edi, dilantik pula Sarbini, S.Ag sebagai kepala KUA Kuningan (sebelumnya kepala KUA Lebakwangi). Posisi Sarbini diganti Abdul Aziz dari KUA Cimahi. Sementara untuk mengisi posisi Abdul Azis diisi  debutan baru, Nazmudin yang promosi dari staf  KUA Cidahu. (tan)

Tinggalkan komentar