Warga Margabakti Nikmati Air Bersih

Kadugede, IB

Sedikitnya 50 KK (kepala keluarga) di Dusun Pahing Desa Margabakti Kecamatan Kadugede, kini bisa menikmati air bersih. Ini setelah di desa tersebut dibangun sumur bor yang memanfaatkan dana dari program PPIP (Program Percepatan Imprastruktur Perdesaan)..

Ketua OMS (organisasi masyarakat setempat), Sahro menyebutkan, sumur bor yang dibangun menggunakan mesin mersibel otomatis bertenaga listrik. Tinggi dan panjangnya, kata dia, 100 meter x 50 cm. Dibuat pula satu hydran (bak penampung air) besar dan empat yang kecil. “Namun hydran kecil yang berjumlah empat buah itu murni dari swadaya warga,” katanya.

Menurut dia, sebelum dibangun sumur bor masyarakat sangat sulit sekali mendapatkan air bersih. Untuk mandi, minum dan lain sebagainya warga harus rela berjalan kaki sekira 100 meter. “Alhamdulillah sekarang keinginan warga untuk mendaptkan air bersih bisa terpenuhi. Tidak menutup kemungkinan akan bisa memasok warga satu desa,” terangnya.

Dia mengatakan, selain untuk membangun sumur bor, dana PPIP pun dialokasikan untuk merehab jalan lingkungan dengan panjang 1000 meter x 1,5 meter, pemasangan drainase dengan ketinggian 50 meter dan melakukan penebingan sepanjang 150 meter x 1 meter.

Kuwu Margabakti, Imung merasa bersyukur atas suksesnya pembangunan sumur bor itu. Sebelumnya, dia memperkirakan di lokasi tersebut air tidak akan bisa keluar. “Saya bersyukur karena akhirnya sumur itu ada airnya. Air sebagai pemenuh kebutuhan vital akhirnya bisa dirasakan warga kami,” ucapnya. (CR)

Tinggalkan komentar