Menag Ajak Berakhlak Mulia dan Budaya Kerja Profesional

Kuningan, IB

Menteri Agama RI, H. Surya Dharma Ali dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda mengajak kepada para pejabat dan karyawan di lingkungan Departemen Agama untuk berpegang teguh pada prinsip-prinsip agama, akhlak mulia dan menampilkan budaya kerja yang profesional.

Hal itu diungkapkan saat peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 64, di Pandapa Paramarta Kuningan, Senin (4/1).

Pada kesempatan itu, dikemukakan pula bahwa pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Depag tidak hanya menyangkut pembaruan organisasi, tata kerja dan administrasi yang harus memenuhi prinsip-prinsip Good Governance saja. Tetapi harus menyentuh pembaruan sikap mental dan budaya kerja yang lebih baik.

Sebagai aparatur Depag yang menyandang nilai-nilai agama, akhlak dan moral, kita seharusnya berada paling depan dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, bebas dari praktik KKN dan perbuatan melanggar hukum lainnya. Apalagi agama mengajarkan kepada kita untuk terus berbuat kebajikan dan meninggalkan perbuatan tercela.

Sesuai tema peringatan Hari Amal Bhakti Departemen Agama tahun ini, yaitu “Mewujudkan Bangsa Berakhlak Mulia Menuju Negara Sejahtera”, kita semua diingatkan bahwa sebagai bangsa yang besar, selain diperlukan kemajuan bidang fisik dan intelektual, juga diperlukan kemajuan di bidang akhlak atau moral.

Ia menghimbau kepada semua jajaran aparatur di lingkungan Departemen Agama untuk terus memperbaiki diri dan memacu kemajuan dari berbagai ketinggalan yang dirasakan selama ini serta mengatasi berbagai masalah yang ada, sehingga Departemen Agama dapat menjadi teladan yang dapat dibanggakan oleh masyarakat. “Tidak mungkin kita bisa menangani masalah umat, jika organisasi kita sendiri bermasalah, “kata Surya Dharma Ali.

Ia mencontohkan, misalnya koordinasi, komunikasi, dan informasi yang tidak berjalan dengan baik, atau kemampuan SDM yang belum seimbang dengan beban kerja organisasi.

Ketua Panitia HAB 64 Depag Kab. Kuningan, H. Yusron Kholid menjelaskan, hari amal bhakti (hari berdirinya) Depag yang diperingati setiap tahun oleh seluruh jajaran Depag mulai pusat sampai daerah sebagai ungkapan syukur dan momentum yang tepat untuk silaturahim dan pembinaan bagi seluruh jajaran Depag.

Ia menyebutkan, rangkaian kegiatan dimulai sejak 30 Desember 2009 hingga 4 Januari 2010.

Pada akhir acara Bupati Kuningan berkenan menyerahkan penghargaan kepada juara lomba KUA Percontohan, keluarga sakinah, lomba masjid percontohan, dan Porsen MI dan MA.

Kegiatan lainnya, penyelesaian sertifikasi tanah wakaf 25 lokasi bantuan Pemda Kuningan untuk Ponpes, MD, masjid dan mushola. Menghimpun zakat profesi dari karyawan Depag sebesar Rp. 54,8 juta dan langsung menyetorkan ke BAZ Kuningan, UPZ Depag menerima 25% untuk mustahiq sebesar dan disalurkan kepada Sukwan di KUA.

Hal itu bertujuan untuk meningkatkan  komitmen, integrasi dan kesadaran terhadap tugas yang diemban sebagai keluarga besar Depag, dalam pelayanan dan pembangunan bidang agama. (tan)

Tinggalkan komentar