Jalan Subang – Gunung Aci Rusak Parah

Subang, IB

Menikmati perjalanan dari Desa Subang menuju Desa Situgede dan  Desa Gunung Aci Kecamatan Subang, merupakan perjalanan yang melelahkan. Apalagi untuk warga sekitarnya. Karena kondisi jalan terutama dari Blok Tarikolot menuju Blok Manglayang Desa Subang sudah rusak parah dan lama tidak tersentuh perbaikan.

Camat Subang, Dedi Kurniadi, S.Sos membenarkan jalan itu memang sudah lama tidak diperbaki. “Mudah-mudahan pada tahun 2010 ini bisa segera tuntas diperbaiki agar warga ke dua desa (Desa Situgede dan Gunung Aci, red) itu dapat menikmati licinnya jalan aspal,” kata Dedi, di ruang kerjanya, Kamis (14/1).

Rencananya, kata Dedi,  ruas jalan sepanjang 4 KM itu akan diperbaiki dari PNPM (program nasional pemberdayaan masyarakat) Mandiri Perdesaan sepanjang 2 KM, dan sisanya mudah-mudahan dapat dituntaskan oleh Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya.

Memang kondisi ruas jalan itu agak unik. Meskipun jalan itu masuk wilayah Desa Subang, namun yang akan memperbaikinya adalah warga Gunung Aci dan Situgede. Itu karena kedua warga desa inilah yang lebih banyak menggunakannya. Rencananya dari dana PNPM Mandiri itu akan digarap sepanjang 1.300 meter oleh warga Desa Gunung Aci dan 700 meter oleh warga Desa Situgede.

Menurut Dedi, kondisi imprastruktur jalan dan jembatan yang rusak dialami pula oleh warga Desa Jatisari. Sejak 2008 lalu, jembatan yang menghubungkan Desa Jatisari dan Desa Pamulihan terputus akibat bencana alam, dan kini hanya diganti dengan jembatan dari bambu. Sehingga arus kendaraan roda empat terputus, apalagi kondisi jalannya pun sepanjang 500 meter juga cukup parah.

Apabila akan diperbaiki, menurut Fasilitator Kecamatan (FK PNPM), Agus, maka diperlukan dana sekira Rp. 575 juta. Itupun hanya untuk jembatan. Sedangkan kemampuan dana dari PNPM bila memang mau dipaksakan hanya sampai Rp. 350 juta. “Dana sebesar tiga ratus lima puluh juta itu hanya untuk jembatan saja, itupun bila disetujui dalam MAD. Kalau ingin mencukupi untuk membangun jalan dan jembatan harus ditopang dari anggaran daerah,” terang Agus.

Kuwu Gunung Aci, Mohammad Enjen menjelaskan, upaya untuk memperbaiki jalan menuju Subang dari desanya terus dilakukan, termasuk kerjasama dengan Desa Situgede dan Subang. Sayangnya, Desa Subang pada tahun ini tidak kebagian dana PNPM Mandiri sehingga tidak bisa berpartisipasi untuk membangun ruas jalan yang rusak itu.

Desa Situgede dan Gunung Aci memang merupakan dua desa terpencil dan tertinggal di Kecamatan Subang yang hanya dapat dijangkau oleh kendaraan roda empat hard top. Sehingga perlu dan masih  memerlukan peningkatan imprastruktur, dan sarana penunjang lainnya. Sedangkan jalan lingkungan terbilang lumayan, karena dua tahun lalu sudah diperbaiki, termasuk tahun ini dari dana penguatan imprastruktur.

Dari dana penguatan imprastruktur di kawasan perbatasan sudah dipergunakan untuk pengaspalan jalan di Blok Kancana, sepanjang 1300 meter. Pengerjaaan jalan di lokasi ini cukup membanggakan karena tingginya partisipasi masyarakat. Yang bekerja tak hanya laki-laki saja namun perempuan dan anak-anak pun ikut terlibat. Bahkan  makanan pun ikut disajikan setiap harinya, sehingga pengerjaan jalan yang rencananya tiga mingu bisa dipercepat menjadi tiga hari.

Seorang warga Desa Situgede, Abdurahman, menjelaskan, di desanya belum lama ini telah selesai diaspal jalan sepanjang satu kilo meter yang menghubungkan Dusun Manglayang dan Gawangsa. (tan/den)

Tinggalkan komentar