TPK PNPM Desa Sindangsuka Utamakan Mutu

Luragung, IB

Desa Sindangsuka merupakan salah satu desa penerima PNPM Generasi dan Open Menu di Kecamatan Luragung. Khusus dari PNPM Open Menu digunakan untuk memperbaiki Jembatan Cisande dengan rencana anggaran sebesar Rp.  Rp.96.479.500 ditambah swadaya masyarakat sebesar Rp. 11.858.000.

Pengerjaan jembatan yang menghubungkan Desa Sindangsuka dengan Desa Cikandang Kec. Luragung ini telah dimulai pada Minggu (24/12) lalu. “Hingga kini pengerjaan pekerjaan senderan jembatan bagian barat itu telah mencapai 80 persen. Mudah-mudahan bisa selesai Februari depan,” kata Rusadi (41), ketua pelaksana kegiatan (TPK), Sabtu (30/1).

Menurut Rusadi, senderan  jembatan yang dibangun berukuran panjang 20 meter dengan tinggi 7 meter. Selain itu, dibangun pula riul kanan kiri jalan sepanjang 250 meter.

Perbaikan jembatan, katanya, merupakan prioritas guna menunjang jalur perekonomian masyarakat yang sebagian besar petani, sekaligus untuk mengantisipasi musim hujan yang dapat menghantam jembatan yang dibangun tahun 1982 ini.

Ia mengungkapkan pengerjaan jembatan itu lebih mengedepankan mutu. “Semoga dengan mengedepankan mutu, sarana ini dapat digunakan warga dalam jangka waktu yang cukup lama,” tandasnya.

Kedepannya, kata ketua LPM Desa Sindangsuka ini, akan diprogramkan pembangunan jalan tembus radi desanya menuju Desa Cikandang.

Terpisah, Kuwu Sindangsuka, Maman Suparman, BSc, mengaku merespon keinginan untuk meneruskan membangun senderan jalan sepanjang 1600 meter sebagai penyambung jalan ke Desa Cikandang. Ia berharap keinginan itu pun mendapat respon dari warga Desa Cikandang dengan membuat sebuah jembatan lagi. “Bila semua sudah terlaksana tinggal pemeliharaan,” kata Maman. (gie)

Tinggalkan komentar