Posyandu Windusari Miliki Sekretariat

Nusaherang, IB

Setelah menunggu lama, akhirnya Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Desa Windusari Kecamatan Nusaherang bakal terwujud. Hal itu nampak saat peletakan batu pertama pembangunan Gedung Posyandu, Kamis (28/1), oleh Camat Nusaherang, Drs. Sadudin, M.Si.

Kuwu Windusari, Nono Suratno menjelaskan, Posyandu dibangun di atas lahan seluas 56 meter² dengan dana dari PNPM Mandiri Perdesaan 2009.

Sanedja, Ketua TPK PNPM Desa Windusari menyebutkan, dana yang digunakan untuk membangun Posyandu berukuran 36² itu sebesar Rp. 49.315.045, ditambah swadaya masyarakat Rp. 1,8 juta. Sedangkan dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) dialokasikan untuk empat kelompok, masing-masing Rp. 5 juta.

Camat Sadudin mengatakan, Desa Windusari merupakan satu dari tiga desa yang memprioritaskan PNPM untuk sarana kesehatan. Dua lainnya yakni Desa Kertayuga dan Desa Jambar. “Di Kecamatan Nusaherang ada enam desa penerima PNPM, tiga diantaranya fokus pada bidang kesehatan,” katanya.

Poskesdes Kertayuga

Di Desa Kertayuga, dana PNPM Mandiri Perdesaan digunakan untuk membangun Poskesdes (Pos Kesehatan Desa). Menurut Ketua TPK PNPM Desa Windusari, Sukarya, Poskesdes yang dibangun berukuran 9,5 x 3,5 meter dengan biaya Rp. 59.805.389, ditambah Rp. 1 juta swadaya masyarakat.

Dia mengaku sangat gembira dengan adanya PNPM. “Mudah-mudahan tahun berikutnya Kertayuga bisa dapat lagi program ini. Dan mudah-mudahan pelaksanaan pembangunan Poskesdes di desa kami bisa memberdayakan masyarakat miskin,” katanya.

Disamping itu, lanjutnya, SPP sebesar Rp. 25 juta dialokasikan untuk empat kelompok dengan jumlah peminjam 38 orang. Pinjaman bervariasi dengan jatuh tempo pengembalian selama satu tahun. (CR/den)

Tinggalkan komentar