h1

Menag Suryadharma Ali: Komitmen Kemenag Bebas Korupsi

9 April 2012

Kuningan, IB

Tema Hari Amal Bhakti (HAB) ke 66. yakni “memperteguh komitmen untuk membangun Kementerian Agama yang bebas dari korupsi”, menegaskan kembali bahwa seluruh jajaran Kemenag harus senantiasa berupaya untuk meraih kinerja dan reputasi terbaik.

Selain itu, mampu  menciptakan aparatur yang berakhlak dan berintegritas tinggi, serta tidak memberi peluang dan celah bagi munculnya penilaian rendah dari masyarakat terhadap institusi dan aparatur Kemenag.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Agama RI, Suryadharma Ali dalam pidatonya yang dibacakan Wakil Bupati Kuningan, Drs. H. Momon Rochmana, MM pada peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 66 di Pandapa Paramarta, Selasa (3/1/2012).

Menag meminta untuk memperbaiki lingkungan dengan menciptakan suasana yang mendukung bagi terlaksananya program pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Ada empat tugas dan fungsi Kemenag yakni peningkatan kualitas kehidupan beragama, peningkatan kualitas kerukunan umat beragama, peningkatan kualitas pendidikan agama, pendidikan keagamaan, serta madrasah dan perguruan tinggi agama, peningkatan kualitas penyelenggaraan ibadah haji.

Sebagai contoh, di bidang peningkatan kerukunan umat beragama, masalah yang belakangan ini dihadapi secara kasuistik adalah masih adanya gejala ketidakserasian kehidupan sebagian anggota masyarakat. Juga, munculnya sikap memaksakan kehendak tanpa menghiraukan keharmonisan hubungan antar umat beragama yang telah terpelihara, dan pemanfaatn isu agama untuk kepentingan yang sebenarnya bertentangan dengan nilai luhur agama itu sendiri.

“Dari kasus tadi, Kemenag harus melakukan langkah penting dan strategis dengan mengoptimalkan penerapan sejumlah peraturan perundangan yang terkait, memberdayakan kearifan lokal sebagai sistem perekat sosial, dan memaksimalkan partisipasi sosial dalam menciptakan kerukunan berbasis masyarakat,” kata Menag.

Wakil Bupati Kuningan H. Momon Rochmana menyerahkan penghargaan saat upacara HAB 2012, di Panadapa Paramarta

Peringatan HAB Kuningan

Kepala Kemenag Kab. Kuningan, Drs. H. Agus Abdul Kholik. MM menyebutkan dalam menyambut HAB 2012, intansinya melaksanakan berbagaid perlombaan, pelayanan, bakti sosial, olahraga, tasyakuran dan pentas seni.

Untuk perlombaan, lomba yang dipertandingkan diantaranya lomba KUA percontohan; pemilihan keluarga sakinah; sapta lomba PAI SMP; Porseni Diniyah, MI, MTs dan MA se-Kab. Kuningan.

Bentuk pelayanan dilakukan dengan memberikan bantuan biaya sertifikasi tanah wakaf, dengan dana sebesar Rp. 10 juta dari BAZ Kuningan untuk tujuh lokasi. Menghimpun zakat profesi dari karyawan dan disetorkan kepada BAZ sebesar Rp. 49,32  juta. Selanjutnya, pembuatan naskah khutbah untuk sejumlah masjid, penyelenggaraan nikah massal kerja sama dengan K3S Kab. Kuningan yang diikuti 16 pasang dan 81 pasang isbat nikah.

Bakti sosial, diantaranya melaksaakan gerakan K.3 di lingkungan unit kerja dan tempat ibadah; gerakan bulan dana PMI oleh seluruh pegawai Kemenag, KUA, madrasah, calon pengantin/calon haji dan siswa-siswi madrasah. Pemberian cinderamata kepada pensiunan dan keluarga almarhum pegawai Kemenag tahun 2011 sebanyak 32 orang.

Kemudian kegiatan olahraga berupa gerak jalan santai pada Minggu (1/1/12) diikuti seluruh karyawan dan keluarga Kemenag, serta pertandingan futsal antar pegawai Kemenag dari unsur MK2 MI, MTs, MA, K2PPN, Pokjawas dan Pokjaluh.

Selanjutnya, tasyakuran dilaksanakan dengan melaksanakan ceramah rohani dan doa bersama bertempat di aula Kemenag. Terakhir pentas seni dilaksanakan dengan menampilkan Qosidah Modern MIS Susukan dan MA Ma’arif Kadugede.

Prestasi Tahun 2011

Prestasi yang pernah diraih selama tahun 2011 adalah urutan ke-8 MTQ tingkat Jabar. Menempati juara ke tiga tingkat Jabar untuk lomba Keluarga Sakinah (H. Gojali dan Dra. Hj Tuti R), Lomba Musabaqoh Baca Kitab (MBK) Kepala KUA diwakili Kepala KUA Cimahi, Najmudin, S.Ag, dan Lomba Penyuluh Teladan tingkat Jabar a.n Asep Nurdin, M.Pd.

Juga, meningkatnya kesadaran umat melaksanakan ibadah haji yang sudah mencapai quota tahun 2017. Serta, juara ke dua MUFAKAT tingkat Jabar cabang Fathul Mu’in a.n Asep Mansul dari Ponpes Mnba’ul Huda Sidaraja Ciawigebang.
Tebar Hadiah

Ketua Panitia HAB 66, H. Yusron Kholid, S.Ag, M.Si menyebutkan, rangkaian HAB 2011 diantaranya mengadakan kegiaan olah raga dan kegiatan sosial. Untuk pertandingan Futsal dimenangkan oleh Kecamatan Luragung,  disusul Darma dan Cibeureum.

Selanjutnya hadiah Gerak Jalan Santai berupa kulkas diterima oleh H. Didi K., dari MTs Yaspika Karangtawang, kompor gas oleh Siti Khodijah dari RA Al Hidayah, dan kipas angin oleh Mamah Halimah MI AlFalah Cijoho. (tan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: