h1

MD Kahiyangan Punya Gedung Baru

9 April 2012

Pancalang, IB

Selama beberapa tahun, kegiatan belajar mengajar (KBM) di Madrasah Diniyah (MD) Miftahul Ulum Desa Kahiyangan Kec. Pancalang sempat berpindah-pindah tempat. Tapi kini bisa bernapas lega, karena telah memiliki gedung yang diresmikan Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda, Jumat (30/12/11).

Gedung MD Miftahul Ulum, menurut Ketua Panitia Pembangunan, Umar, S.Ag., dibangun sejak tahun 2009 hingga 2011, dan berdiri di atas tanah titisara desa hasil tukar guling dengan masyarakat seluas 2.600 m2. “Pembangunan dilakukan sebagai implementasi dari adanya Perda No.2/2009 tentang Madrasah Diniyah,” ujar dia.

Umar mengungkapkan, meski diawal pembangunan pihaknya hanya memiliki modal R. 9 juta dan 20 zak semen, namun berkat partisipasi seluruh warga Kahiyangan pembangunan bisa tetap terwujud. Hingga tuntas, kata dia, pembangunan MD ini menghabiskan dana sebesar Rp. 320 juta, yang berasal dari ADD Rp. 40 juta dan sebagian besarnya dari swadaya masyarakat.

“MD yang dibangun ini terdiri dari empat ruang belajar dan satu ruang guru, ruang praktik ibadah, WC serta tempat wudlu. Fasilitas ini akan dimanfaatkan oleh 98 santri, delapan guru dan satu kepala,” jelas Umar yang juga kepala MD tersebut.

Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda memberikan apresiasi kepada jajaran panitia pembangunan yang telah bersusah payah mewujudkan cita-cita masyarakat melalui sarana pendidikan itu. Menurutnya, bangunan MD ini merupakan asset Desa Kahiyangan, disamping tanah dan anak-anak didik sebagai pengganti generasi berikutnya.

Ia mengatakan, Pemda menerbitkan Perda tentang Madrasah Diniyah bertujuan untuk mencetak kader-kader warga yang berwawasan agama. (rml)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: