h1

46 Desa Terima Dana Rehab Kantor Kepala Desa

9 April 2012

Maleber, IB

Empat puluh enam desa di Kabupaten Kuningan mendapat bantuan dana untuk rehab kantor kepala desa, masing-masing sebesar Rp. 20 juta. Bantuan dari APBD Kab. Kuningan 2011 itu diserahkan oleh Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda di Kantor Kepala Desa Ciporang Kec. Maleber, Kamis (22/12).

Selain dari dana APBD Kuningan, bantuan rehab digelontorkan pula dari APBD Provinsi. Bantuan rehab dialokasikan untuk 48 desa dengan besaran variasi Rp. 20 juta dan Rp. 25 juta diserahkan oleh Bupati Aang di Ruang Linggajati Serda Kuningan, Selasa (3/1/2012).

Penyerahan bantuan dihadiri Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Kab. Kuningan, Drs H. Kamil G. Permadi, MM, para camat dan 46 kepala desa penerima bantuan rehab.

H. Kamil Ganda Permadi mengatakan, maksud pemberian dana bantuan adalah agar terwujudnya kantor desa yang refresentatif. Sehingga, pelayanan kepada masyarakat dapat dilakukan secara efektif, efisien dan optimal.

Sedangkan tujuannya, untuk menunjang optimalisasi pelayanan publik bagi aparatur pemerintah desa, dan meningkatkan fungsi dan peranan kelembagaan aparat desa sebagai pengelola pembangunan desa. Juga, bagi pengembangan dan menggali partisipasi masyarakat dalam meningkatkan pembangunan.

Bupati Aang meminta agar bantuan dijadikan motivasi bagi desa untuk terus aktif dalam menggerakkan partisipasi dan swadaya masyarakat, terutama dalam upaya membangun desa. Bantuan pun harus dapat dipergunakan dengan baik sesuai dengan perencanaan.

Menurutnya, untuk menjamin kelancaran pelaksanaan kegiatan rehabilitasi atau pembangunan, harus disertai pelaksanaan kegiatan sesuai rencana yang telah ditetapkan dengan melibatkan pihak-pihak terkait.

“Perencanaan merupakan hal penting dalam pelaksanaan kegiatan. Disamping itu, pengelolaan administrasi keuangan yang tertib dan transparan serta laporan pelaksanaan kegiatan diperlukan untuk menghindari permasalahan dikemudian hari,” tandasnya.

Pemberian bantuan ini, kata Bupati Aang, merupakan bentuk perhatian dan penghargaan kepada pemerintah desa dan masyarakat yang mempunyai kemauan keras dalam membangun desa melalui kegiatan pembangunan dan rehabilitasi kantor desa yang dilaksanakan secara bersama-sama, melibatkan lembaga-lembaga yang ada di desa dan seluruh komponen masyarakat.

Aang mengatakan, pembangunan desa merupakan basis keberhasilan pembangunan daerah sehingga berbagai upaya dilakukan dalam memacu perkembangan desa dan berbagai fasilitas dihadirkan dengan tujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Pemerintah daerah maupun pemerintah desa yang berhubungan langsung dengan masyarakat, harus senantiasa meningkatkan komunikasi serta koordinasi pada semua tingkatan. Rapatkan pula kebersamaan untuk menjamin kesinambungan penyelenggara an pemerintah dan juga pembangunan yang tentunya diperuntukkan bagi kesejahteraan masyarakat,” pintanya. (tan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: