h1

Usai Terima Motor Baru, Tunjangan Penghasilan Ditunggu

30 Maret 2012

Kuningan, IB

Sebanyak 376 kepala desa dan lurah di Kabupaten Kuningan menerima bantuan sepeda motor dari Gubernur Jawa Barat.
Kebahagian para kepala desa nampaknya akan bertambah lagi. Pasalnya, setelah menerima motor, mereka pun pada 2012 akan mendapat kucuran tunjangan penghasilan tetap (TPhT) dari APBD Kab. Kuningan, meskipun jumlahnya masih dibawah UMK (upah minimum kabupaten).

Bantuan sepeda motor jenis bebek itu, diserahkan oleh Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda, S.Sos di Pandapa Paramarta, Selasa (6/12/11), diterima oleh Ketua Palukuning Marsanto, M.Si, Ketua DPC APDESI Kab. Kuningan Mulyono AR, Kades Linggasana Hj. Rosdiana, Kades Sayana Sutini, dan Kades Ancaran Iing Solihin.

Saat menyerahkan, Bupati Aang didampingi oleh Dandim 0615 Kuningan Letkol Kav. Waskito Aji, dan Sekda Kuningan, Drs. H. Yosep Setawan, M.Si. Acara dihadiri pula oleh Staf Ahli Bupati, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Drs. H. Kamil Ganda Permadi, MM, para camat, dan para kades se-Kabupaten Kuningan.

Kepala BPMD Kabupaten Kuningan menjelaskan, motor-motor yang disalurkan kepada para lurah dan kepala desa itu merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dari  376 motor yang diterima itu terdiri dari 204 Yamaha Jupiter MX dan 172 Honda CS1. “Saya ucapkan selamat kepada para lurah dan kepala desa, dan semoga bantuan ini dapat meningkatkan kinerja,” kata Kamil.

Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda juga berharap agar bantuan sepeda motor ini dapat membantu meningkatkan mobilitas dan kinerja kepala desa dan lurah se-Kabupaten Kuningan dalam meyelenggarakan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Ia berpesan agar menjaga dan memelihara kendaraan tersebut sehingga umur kendaraan itu dapat bertahan lama. “Jaga dengan baik kendaraan motor jangan sampai hilang karena dicuri karena pada saat ini pencurian kendaraan bermotor sangat marak terjadi,” pesan Aang.

Program APDESI

Terpisah, Ketua DPC APDESI Kabupaten Kuningan, Mulyono AR menjelaskan, ada beberapa program APDESI selama ini, diantaranya mengusulkan pengadaan kendaraan roda dua pada 2009 dan baru direalisasi 2011 ini.

Program lainnya, penambahan penghasilan bagi kepala desa dari APBD. “Kita telah mengajukan bantuan dana sebesar lima belas juta rupiah per desa kepada Pemda Kuningan untuk meningkatkan kinerja aparatur perangkat desa diluar ADD. Usulan ini nampaknya akan direalisasi pada 2012 depan,” terang Kepala Desa Sindangagung ini.

Selanjutnya, telah diusulkan pula perubahan pembayaran klim asuransi. Yang semula dilakukan pembayaran melalui dana APBDes, diusulkan dialokasikan di APBD Kabupaten Kuningan. Kemudian, karena motor baru telah diterima, maka sepeda motor yang lama dapat didum (dimiliki) oleh seluruh kepala desa. Pada tahap awal telah mengusulkan sebanyak 49 kepala desa yang habis masa jabatannya tahun 2011 untuk dapat mengedum sepeda motor.

“Kami telah mengajukan sebanyak 49 kepala desa yang telah habis masa jabatannya pada tahun 2011 dapat mengedum motor. Mudah-mudahan hal itu dapat segera direalisasikan,” terang Mulyono. (tan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: