h1

Ondin Sutarman, Muka Lama dengan Misi Baru

30 Maret 2012

Cigugur, IB

Ondin Sutarman, S.IP kembali dipercaya menjadi Ketua PWI Perwakilan Kabupaten Kuningan pada Konferensi PWI Perwakilan Kuningan di Hotel Purnama, Cigugur November lalu. Terpilihya Ondin ini untuk ke tiga kalinya, karena sebelumnya pernah menjabat selama dua periode. Ia kembali lagi memegang kendali organisasi pers tertua itu untuk periode 2011 – 2014.

Ketua PWI Cabang Jabar, Drs. H. Mirza Zulhadi, MM melantik Ondin Sutarman bersama Sekretaris M. Bakri, Wakil Ketua Yayat Ganda Atmadja, dan Bendahara Eman Sulaeman. Selain itu, dilantik pula tiga penasihat yakni Drs. H. Toto Santosa, Sujarwo dan H. Wawan Hernawan.

Pelantikan dihadiri Ketua PWI Cabang Jabar Drs. Mirza Zulhadi, MM dan pengurus, Wakil Bupati Kuningan Drs. H. Momon Rochmana, MM, Sekda Drs. H. Yosep Setiawan, M.Si, dan beberapa pejabat teras lainnya.

Ondin Sutarman menyampaikan ucapan terima kasih kepada para anggota PWI yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk menjadi ketua. “Ini merupakan amanah yang cukup berat, namun saya akan melaksanakan sebaik-baiknya. Organisasi dan nama PWI cukup besar, oleh karena itu citra organisasi harus dijaga,” ujarnya.

Saat ini, sebut Ondin, organisasi pers sangat banyak, lebih dari 40. “Ada anggapan dan harapan dari masyarakat untuk menertibkan wartawan, dan itu merupakan tugas dari PWI,” ujarnya.

Dikatakan, perlu kerjasama antara lembaga pemerintah dan swasta supaya bisa berpartisipasi dalam pembangunan, dengan tetap mengacu kepada kode etik jurnalistik.

Ketua PWI Jabar, Mirza Zulhadi mengatakan, pers telah ada sejak  zaman dahulu, dan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman sebagai salah satu pilar demokrasi.

Wartawan dalam menjalankan tugas jurnalisnya, jelas Mirza, tidak boleh semaunya tetapi yang menyangkut kepentingan umum, sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang sehat. “Untuk itu, kita harus berpedoman kepada UU Pers, Kode Etik Jurnalistik dan PDRT PWI,” katanya.

Mirza menyebutkan, anggota PWI jabar saat ini telah mencapai 1200 orang, dan uji kompetensi wartawan yang harus tuntas tahun 2014. Sehingga setiap tahunnya harus mengadakan delapan kali KLW. “PWI, AJI, dan IJTI merupakan tiga organisasi dari 40 organisasi yang telah lulus verifikasi oleh Dewan Pers,” imbuhnya.

Sementara Wakil Bupati H. Momon Rohmana, menyambut baik kemitraan yang telah terbangun antara PWI dengan pemerintah daerah. Pasalnya, informasi melalui media lebih cepat sampai daripada SOPD, bahkan kritik yang membangun sangat berarti bagi pembangunan daerah.

Salah seorang anggota PWI Kuningan, Yayat DR memberikan apresiasi terhadap pelantikanOndin Sutarman dan pelaksanaan Konkercab PWI Jabar. “Saya merasa bangga karena pelantikan pengurus PWI periode 2011-2014 dihadiri oleh pengurus PWI pusat, ketua PWI  Cabang Jabar, dan seluruh anggota PWI Jabar dari setiap perwakilan di kabupaten/kota se-Jawa Barat,” ucapnya. (tan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: