h1

H. Uus Yusuf : Tantangan Pemuda Kedepan Makin Berat

30 Maret 2012

Kuningan, IB

Ketua DPD KNPI Kab. Kuningan, H. Uus Yusuf, SE mengatakan, tantangan bagi pemuda kedepan semakin berat, sehingga  harus punya strategi untuk menjawab tantangan itu. Hal itu dikemukakan seusai pelantikan Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Kuningan oleh Ketua DPD KNPI Jabar, Drs. Husni Farhan Mubarok, M.Si, Senin (19/12/11) di Gedung Pemuda Kuningan.

Mereka yang dilantik itu diantaranya, Ketua H. Uus Yusuf, Sekretaris Asep Fauzi, dan Bendahara Abdul Muhyi bersama 106 pengurus DPD Kab. Kuningan periode 2011-2014.

Uus Yusuf menyebutkan, selain program daerah yang rasional dan proporsional, pihaknya pun akan melaksanakan program nasional dan provinsi. Ia juga mengungkapkan bahwa kepengurusan saat ini berbeda dengan sebelumnya yang diisi pula oleh mahasiswa.

Ketua Majelis Pertimbangan KNPI Kuningan, Drs. Dian Rahmat Yanuar, M.si mengatakan, ada 10 esensi dalam membangun kepemudaan. Esensi itu diantaranya adanya pelantikan untuk menjalankan amanah, karena saat ini tantangan pemuda sangat berat. Sebagai contoh, dari 3,2 juta pengguna narkoba 80% diantaranya adalah pemuda. Begitu pula penganguran yang mencapai 20 persen adalah pemuda, padahal pengangguran merupakan pintu kemiskinan.

Dian Yanuar juga mengatakan, saat ini pemuda sangat rendah minat bacanya, padahal pemuda membutuhkan pengetahuan dan skill. Menurut Dian, ada beberapa kriteria pemuda yakni punya modal tapi tidak punya keahlian, punya keahlian tapi tidak punya modal, punya modal dan punya keahlian, serta ada yang tidak punya modal dan tidak punya keahlian. Sehingga untuk mengatasi itu perlu menjalin kemitraan dengan pemerintah daerah, seperti dalam pelaksanaan program Pemuda Masuk Desa (PMD), dan perlu mengembangkan usaha ekonomi produktif.

Ketua DPD KNPI Jabar, Husni Farhan Mubarok mengungkapkan, pemuda harus optimis menyongsong masa depan. Apalagi saat ini KNPI telah mampu keluar dari kemelut kepengurusan ganda di pusat. KNPI Pusat, sekarang telah islah melalui kongres dan terbentuk kepengurusan baru yang telah dilantik pada 7 Desember 2011.

Pemuda pun, kata Husni, harus mampu mengambil peran strategis dalam pembangunan, apalagi dengan lahirnya Undang-Undang No. 40 tahun 2008 tentang Standarisasi Pelayanan Kepemudaan. Ia menyebutkan, di 16 kementerian/dinas dan TNI ada program tentang kepemudaan tinggal bagaimana mengaksesnya. Itu karena kepemudaan merupakan tugas bersama antara pemerintah dan masyarakat, dan harus dijawab oleh pemuda dengan prestasi dan akhlakulkarimah.

Bupati Kuningan H, Aang Hamid Suganda mengatakan, besarnya kepengurusan KNPI merupakan potensi yang harus dikembangkan. Ia meminta agar pemuda harus cerdas dan cerdik, tapi jangan licik. Pemuda juga jangan kurung batokeun (diam di tempat) tetapi harus keluar mencari wawasan baru. Ia sendiri telah memberikan contoh dengan memprakarsai “Kuningan Summit” (pertemuan antar kepala  daerah di wilayah perbatasan) pada 6 – 7 Juni lalu.

Dari Kuningan Summit itu lahir banyak program, tahun ini saja dari provinsi mengucur bantuan Rp. 20 miliar.  Salah satu tindak lanjut dari Kuningan Summit itu diantaranya akan dilaksanakan pembangunan Waduk Cileuweung tahun 2013 yang akan menelan anggaran Rp. 550 miliar. “Mudah-mudahan ada kelancaran tidak seperti Waduk Jatigede, sehingga kita bisa menyelesaikan pembangunannya dua atau tiga tahun saja,” terang Aang.

Di wilayah Cibingbin juga, kata Aang, bisa dikembangkan kawasan kota baru dan daerah perindustrian. Apalagi nanti akan dibangun jalan tol Cirebon – Brebes, sehingga Cibingbin bisa lebih ramai.

Ia pun mengungkapkan, apabila APBD 2011 minim, maka APBD 2012 ada perubahan. Ia tidak mengharapkan ada pejabat yang terlilit korupsi sampai akhir tugas.

Pelantikan dihadiri pula Wakil Bupati Drs. H. Momon Rochmana, MM, Ketua DPRD H. Acep Purnama, SH, MH, Muspida, dan beberapa pejabat teras. Selain itu pimpinan partai politik, tokoh agama, pimpinan ormas dan OKP serta pengurus KNPI. (tan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: