h1

DAK Pendidikan Tahun 2012 Hanya Tiga Puluh Miliar

30 Maret 2012

Kuningan, IB

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuningan, Drs. H. Maman Suparman, MM., melalui Kepala Bidang Penunjang Pendidikan, Uu Kusmana, S.Sos, M.Si., saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (7/12/11), kepada IB mengatakan, DAK (dana alokasi khusus) Pendidikan tahun anggaran (TA) 2012 untuk Kabupaten Kuningan sebesar Rp. 30 miliar.

Menurutnya, anggaran tersebut akan diprioritaskan pada pembangunan fisik. “Untuk program pembangunan fisiknya mungkin tidak akan jauh berbeda dengan program DAK tahun sekarang. Tapi itupun kami masih menunggu aturan Kepmendiknas,” katanya.

Adapun kriteria sekolah SD/MI yang akan mendapatkan bantuan, menurut Uu, khusus untuk bantuan program ruang kelas baru (RKB) dan perpustakaan yang terpenting sekolah yang mengajukan bantuan masih mempunyai lahan luas untuk mendirikan bangunan baru dan jumlah murid memenuhi standar ketentuan yang berlaku.

Di tempat terpisah, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Luragung, Drs. Ence Sopandi, M.Pd kepada IB menuturkan, untuk pelaksanaan pembangunan DAK TA 2012 alangkah baiknya oleh Komite Sekolah (KS).

Dikatakannya, untuk TA 2011 di wilayah Kecamatan Luragung yang mendapatkan DAK pendidikan hanya lima sekolah. “Ketika saya cek ke lapangan kepada salah satu sekolah didapatkan bangunan yang tidak ngelot hampir 2 cm. Tapi saat saya menanyakan mandor penanggung jawab maupun pemborong kepada salah seorang pekerja ternyata kedua-duanya tidak ada di tempat,” katanya.

“Untuk itu saya jadi khawatir kalau suatu saat bangunan sekolah itu roboh mungkin yang akan pertama kali ketanyaan adalah kepala sekolah dan kepala UPTD. Masa saya kebagian ririweuhna bae. Untuk itu saya mengharapkan sekali untuk DAK pendidikan TA 2012 oleh Komite Sekolah karena akan lebih bertanggung jawab kepada perbaikan mutu bangunan, bukan semata-mata mencari keuntungan saja,” tegasnya. (rda)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: