h1

Pasar Ikan Pesona Karya Desa Cirea

29 Maret 2012

Mandirancan, IB

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan (DP3) Kab. Kuningan, Ir. Hj. Triastami mengatakan, dari 1,1 juta jumlah penduduk Kuningan, tingkat konsumsi ikan tahun 2011 mencapai 22,5 kg/kapita/tahun dan dibutuhkan sekitar 23.450 ton ikan dalam 1 tahun.

Ia memproyeksikan produksi ikan daerah tahun 2011 akan mencapai 11.061 ton, maka terdapat peluang pasar 12.389 ton, “Inilah peluang besar untuk peningkatan produksi ikan melalui pengembangan potensi budidaya, hasil penangkapan ikan, dan pengolahan ikan untuk pemenuhan konsumsi ikan Kuningan,” ujarnya, saat peresmian Pasar Ikan Desa Cirea Kec. Mandirancan, Rabu (7/12/11).

Untuk mendukung pengembangan potensi perikanan, pemerintah telah melakukan kegiatan melalui sumber anggaran dana alokasi khusus (DAK). Dana tersebut digunakan untuk pembangunan tiga Unit Pembenihan Rakyat (UPR), pengembangan kawasan 6 unit, rehabilitasi pasar ikan 1 unit, Pokmaswas 1 unit, pos penyuluhan perikanan 4 unit, bangsal pengolahan 4 unit, hasil perikanan 1 unit serta sarana penunjang lainnya.

Dalam pesannya, saat peresmian Pasar Ikan Pesona Karya Desa Cirea, Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda mengatakan, sejalan dengan visi Kabupaten Kuningan pembangunan pasar ikan ini cukup mampu mendukung perekonomian rakyat. “Kuningan memiliki potensi alam yang sangat mendukung untuk menghasilkan ikan terutama di wilayah III Cirebon. Kuningan bisa menjadi pemasok utama ikan,” ungkap Aang.

Dengan dibangunnya pasar ikan itu, kata Bupati Aang, diharapkan dapat tersedianya sarana dan prasarana pemasaran hasil perikanan yang mampu memberikan layanan kepada konsumen secara optimal. Yang dimaksudkan terpenuhi standar teknis mutu, higienis dan terkontrol sehingga membuat konsumen nyaman.

Ia meminta dalam mengembangkan sasaran, terciptanya sistem dan mekanisme pemasaran yang rasional didukung jaringan dan sistem informasi harga yang memadai dan tepat waktu. (rml)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: