h1

Kwarcab Kuningan Gelar Jambore Pramuka

29 Maret 2012

Cilimus, IB

Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Kuningan menggelar Jambore Pramuka Cabang 2011 di Open Space Gallery, Minggu (18/12/11). Acara dihadiri Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda, Asisten Deputi Bidang Kepeloporan Pemuda Kemenpora RI, Dr. HM. Abud Musaad, Ketua Kwarancab Kab. Kuningan, Drs. H. Dadang Supardan, unsur Muspida dan undangan lainnya.

HM. Abud Musaad memberi kan apresiasi kepada Kabupaten Kuningan karena banyak mendukung kegiatan kepemuda an, terutama pramuka. “Salut bagi Kuningan, yang sudah memiliki bumi perkemahan dengan fasilitas pendukung yang lengkap. Fasilitas seperti ini tidak banyak dimiliki oleh daerah setingkat kabupaten di Indonesia,” ucap Abud Musaat.

Menanggapi pernyataan DR. Abud Musaat, secara spontan Bupati Kuningan menyatakan bahwa memang Pemkab Kuningan banyak membangun ruang terbuka yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan para remaja dan pemuda, seperti jambore.

Bahkan, kata Bupati, kalau memungkinkan Open Space Gallery, diganti dengan nama lain yang menggunakan bahasa Indonesia. “Kita ganti saja dengan nama dari bahasa Indonesia, sepertinya Kampung Pramuka, bagus juga,” tandasnya disambut tepuk meriah peserta upacara.

Menurut Bupati Aang , kegiatan jambore pramuka sangat penting dalam pembentukan perkembangan fisik, karakter, kreativitas, afektif, sosial dan spiritual anggota pramuka. Apalagi jambore cabang hanya dilaksanakan setiap lima tahun sekali.

Ia berpesan agar para peserta mengikuti seluruh kegiatan dengan baik dalam suasana persaudaraan. “Ingatlah pesan Lord Badden Powell, bahwa anggota pramuka adalah saudara dalam satu keluarga, tidak ada yang bisa memisahkan kita.  Jadi jika kalian ada permasalahan, selesaikanlah dengan musyawarah dan kekeluargaan,” kata Bupati H. Aang.

Bupati kemudian meresmikan Jambore Cabang Kuningan tahun 2011 ditandai dengan penancapan kapak dan penyematan tanda peserta. Menutup rangkaian acara, disuguhkan Rampak Genjring kolaborasi dengan tarian oleh kelompok genjring Si Windu.  (tan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: