h1

Kecamatan Darma Harus Ada Perubahan

29 Maret 2012

Darma, IB

Ada satu pesan yang selalu diingat oleh Drs. Sadudin, M.Si, Camat Darma ketika pertama kali dilantik menjadi camat. Ia sendiri sebelumnya menjadi Camat Selajambe dan Camat Nusaherang.

Apa yang menjadi wejangan istimewa dari Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda itu? Pesan tersebut adalah kalau memimpin dan diberi kepercayaan harus ada kurutna (bekasnya) dan mampu memberikan perubahan yang cukup berarti.

Pesan ini diterjemahkan oleh Sadudin dengan melakukan beberapa perubahan dalam dua tahun terakhir ini. Perubahan itu diantaranya pembangunan Kantor Polsek Darma, penataan Kantor Camat dan pembangunan Kantor UPK PNPM di komplek Kantor Kecamatan Darma.

Perubahan nampak pula dari pembangunan Pasar Darma yang sebelumnya semrawut, kini menjadi lebih tertata, terlepas sempat menimbulkan konflik karena adanya pelanggaran garis sempadan jalan. Permasalahan inipun sebenarnya bisa diselesaikan dengan mengubah sedikit tata letak bangunan yang dinilai bermasalah.

Selain itu, di beberapa desa juga dilaksanakan pembangunan infrastruktur jalan dan fasilitas lainnya. Kemudian sebagai kelanjutan dari “Kuningan Summit” diharapkan terlaksananya pembangunan jalan tembus dari Desa Gunungsirah menuju Desa Cipulus Kec. Cikijing Kab. Majalengka yang berbatasan. Di desa ini pun diproyeksikan ada pasar dan sentra sayur-sayuran.

Pembangunan juga dilakukan oleh sektor swasta dengan membangun gedung futsal di sebelah timur Kantor Camat.
Hal lain yang menjadi pemikirannya saat ini adalah potensi sumber daya alam Waduk Darma. “Waduk Darma ini menyimpan potensi yang sangat besar untuk dikembangkan budidaya jaring terapung, pariwisata dan perdagangan,” terang Camat Sadudin kepada IB, seusai menghadiri Gebyar PNPM 2011 di Cingambul, Kab. Majalengka, Kamis (15/12/11).

Ia menyebutkan, sudah sepantasnya dari hasil budidaya ikan air tawar itu dilanjutkan dengan membangun pasar ikan dan restoran yang menyajikan ikan segar. Sehingga bukan merupakan sebuah keniscayaan bila kedepan Desa Jagara bisa menjadi Desa Wisata di Kabupaten Kuningan, apalagi bila pada 2012 desa ini terpilih menjadi salah satu desa yang mendapat bantuan program “Desa Peradaban” dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Dana yang diterima itu bisa untuk mewujudkan Desa Jagara menjadi Desa Wisata,” terang pria yang baru beres melaksanakan Diklatpim II itu. (tan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: