h1

Gebyar MTQ Kecamatan di Kadugede

29 Maret 2012

Kadugede, IB

Kecamatan Kadugede dipercaya sebagai komando gebyar MTQ (mushabaqoh tilawatil qur’an) tingkat kecamatan. MTQ dibuka oleh Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda, S.Sos, di Alun-alun Kadugede, Rabu (21/12/11).

MTQ yang dihelat oleh Pengurus Cabang Nadhlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kuningan ini serentak dilaksanakan di 26 kecamatan dari 32 kecamatan di Kab. Kuningan. Hal itu diungkapkan oleh Ketua PCNU Kab. Kuningan, KH. Mahmud Silahudin.

Mahmud Silahudin menambahkan, untuk pertama kali dalam sejarah MTQ bisa dilaksanakan oleh NU, setelah mendapat kucuran anggaran dan Bupati Kuningan dan DPRD.  Pelaksanaannya diserahkan kepada KUA tiap kecamatan dan LPTQ, dengan alasan ada yang dituju yakni dilatarbelakangi kurangnya rasa hormat kepada kiayi dan santri.

Camat Kadugede, Yanuar Suyono, Sm.Hk menjelaskan, setiap penyelenggaraan MTQ tingkat kecamatan di Kadugede selalu meriah. Ini karena dukungan segenap komponen masyarakat terutama para ulama dan kiayi yang disokong oleh pemerintah dan masyarakat. “MTQ ini dilaksanakan atas kerjasama MWC NU, kecamatan, desa dan instansi yang ada di Kecamatan Kadugede,” terang Yanuar.

Kepala Kemenag Kab. Kuningan, Drs. H. Agus abdul Kholik, MM mengharapkan agar MTQ tidak hanya dilaksanakan di 26 kecamatan, tetapi di 32 kecamatan yang ada di Kabupaten Kuningan. Maksudnya, untuk mempersiapkan diri agar Kuningan di tingkat provinsi dapat memperbaiki peringkat. Pada MTQ tingkat Jabar di Kota Depok lalu, Kuningan menempati peringkat delapan.

“Sebenarnya dari Kuningan banyak qori dan qoriah tetapi tidak membawa nama Kuningan. Pasalnya, mereka tidak diikat oleh LPTQ Kuningan, sehingga peluang untuk memperbaiki peringkat masih terbuka,” terang H. Agus.

Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda menyambut baik adanya kegiatan MTQ dalam meningkatkan keimanan kepada Allah swt. Dengan MTQ diharapkan dapat diterapkan kandungan isinya dalam kehidupan sehari-hari. Serta dapat meningkatkan indek pembangunan manusia di Kabupaten Kuningan.

Terpisah, Ketua Panitia, Kiayi Ilham menyebutkan, jenis lomba meliputi MTQ, Hifdzil (hapalan Al Qur’an) dan Khat Al Qur’an. MTQ sendiri dibagi menjadi tiga kategori yaitu dewasa, remaja dan anak-anak yang diikuti 82 peserta.

Ia pun menyebutkan hasil MTQ dewasa kategori putra diraih Jojo (Desa Cipondok) dan putri Erom (Kadugede), MTQ remaja putra Deden (Ciherang) dan putri Rena (Kadugede), serta MTQ anak putra Salimin (Desa Sindangjawa) dan putri Meymey (Kadugede). Sedangkan Hifdzil Al Qur’an kategori putra diraih Arifin (Ciherang) dan putri Sifa M.F. (Kadugede), serta Khat Al Qur’an Jeje Fauzy (Ciherang). (CR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: