h1

Tiblalin Jalan Sudirman Kondusif

27 Maret 2012

Kuningan, IB

“Penertiban lalu lintas (tiblalin) Jalan Sudirman satu arah dari sebelah barat mulai Toserba Terbit ke RUS 45 Kuningan sudah kondusif,” terang Kepala Dinas Perhubungan Kab. Kuningan, Drs. Djaka Chaerul, saat ditemui IB di kantornya, Selasa (22/11/11).

Menurutnya, penertiban penggunaan satu arah Jalan Sudirman sudah menjadi bagian tugasnya dalam rangka menanggulangi kemacetan. “Dalam melaksanakan tugas penertiban itu, kami juga tidak bekerja sendiri tetapi kami selalu berkoordinasi dengan Polres Kuningan,” katanya.

Diakui Djaka, halangan dan rintangan dalam melaksanakan tugas penertiban pengunaan jalan lalu lintas tentu ada, seperti dari sopir angkot maupun kusir andong. Namun setelah diberikan keterangan pada hari Senin (21/11/11) bertempat di Kantor Pasar Kepuh, mereka (para kusir, red) dapat memahami serta mengerti akan pentingnya tertib lalu lintas.

Yedi (35), salah seorang staf di Pasar Kepuh ketika dimintai keterangan oleh IB di kantornya Rabu (23/11), membenarkan bahwa di kantornya pada hari Senin yang baru lalu telah terjadi dialog antara para kusir andong, sopir angkot dengan Dinas Perhu-bungan dan Polres Kuningan beserta stakeholder lainnya.

Di tempat terpisah, Ocin Kabid Pasar Disperindag Kuningan ketika dimintai tanggapannya mengatakan, pada prinsipnya dirinya setuju terhadap pemberl-akuan satu arah di dalam pasar yang telah diberlakukan pihak terkait. “Kami mengharapkan adanya pengawasan dari pihak terkait, baik pengawasan dari dalam atau dari luar pasar,” pintanya.

“Kami juga menghimbau kepada semua pihak yang terkait dalam penertiban yaitu para sopir angkot dan kusir andong agar konsisten terhadap hasil kesepakatan dalam rempugan. Sebagaimana hasil rempugan untuk tempat mangkal andong ialah di Pasar Baru, tapi nyatanya masih saja ada andong yang mangkal di depan kantor BRI. Dan itupun akan terus dikaji  dan dievaluasi dampaknya terhadap para pedagang di pasar,” imbuhnya.

Pemberlakuan Jalan Sudirman satu arah ternyata dapat dirasakan langsung oleh para pengguna jalan. Seperti halnya H. Eman (58), salah seorang tokoh masyarakat yang kebetulan mengendarai mobil pribadinya mengaku senang melewati Jalan Sudirman dari mulai arah sebelah barat. Menurutnya, biasanya dari mulai Apotek Akrab sampai dengan pertigaan RSU 45 itu macet. “Alhamdulillah sekarang mah lancar,” tuturnya.

Begitu juga yang dirasakan salah seorang pejalan kaki yang enggan disebut namanya. “Waduh pak, kemaren-kemaren sebelumnya boro-boro bisa berjalan dengan tenang begini, dulu mah kalau jalan kaki saja harus nengok kiri kanan, depan belakang. Kalau tidak begitu saya bisa keserempet atau ketabrak mobil, motor dan andong. Yah, sekarang mah cukup mandang ke depan dan sekali-sekali ke kanan, alhmdulillah nyaman dan aman,” katanya kepada IB. (rda)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: