h1

SDN Cirea Wakili UKS Kabupaten Kuningan

27 Maret 2012

Mandirancan, IB

SD Negeri Cirea Kecamatan Mandiracan tampil sebagai juara usaha kesehatan sekolah (UKS) 2011 Kabupaten Kuningan. Atas prestasi tersebut, sekolah itu berhak mewakili Kuningan mengikuti lomba UKS tingkat Provinsi Jawa Barat. Penilaian dilakukan oleh Tim Penilai Provinsi, Jum’at (25/11/11).

Camat Mandirancan, Drs. Tatang Taryono, M.Si mengatakan, UKS sangat penting dan strategis dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan. Sasaran UKS adalah siswa peserta didik yang cenderung lebih muda dan masih bisa dipengaruhi untuk berperilaku hidup bersih dan sehat sejak dini.

“Oleh karena itu, program UKS di Kecamatan Mandirancan mendapat perhatian dan menjadi program prioritas dalam upaya meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) bidang kesehatan,” katanya.

Kepala SD Cirea, Samsu, S.Pd menjelaskan, SD Cirea berdiri tahun 1982, dihuni oleh 217 siswa dan 14 guru. Menurut Samsu, UKS dilaksanakan atas binaan guru, komite, orang tua siswa dan seluruh masyarakat sekolah.

“Kita melaksanakan tri program UKS mencakup pendidikan kesehatan yang dilakukan dengan melaksanakan kegiatan pemeriksaan pribadi setiap hari sebelum anak masuk kelas. Selanjutnya, penyuluhan  oleh guru maupun oleh petugas tingkat kecamatan dan pelatihan kepada dokter kecil,” terang Samsu.

Sekolah ini juga menerapkan motto “one green one” yaitu setiap siswa diwajibkan untuk menanam satu tanaman dalam rangka menciptakan wawasan lingkungan hidup. Motto tersebut berdampak terhadap raihan prestasi baik akademis, olahraga, UKS, kepramukaan, lingkungan hidup maupun kemampuan membuat pupuk organik.

Usuf Sofyan, Ketua Tim Penilai UKS Provinsi, tidak banyak memberikan harapan kepada sekolah yang dinilainya itu. “Apabila berhasil maka akan mewakili Jabar di tingkat nasional, dan jika tidak berhasil, anggap sebagai pengalaman. Mudah-mudahan SDN Cirea terbaik,” ucap Usuf Sofyan.

Bupati Kuningan diwakili Staf Ahli bidang Pendidikan, Amirudin, M.Si merasa bangga atas pencapaian SD Cirea yang telah berupaya mewujudkan sekolah sehat sehingga dapat mewakili Kabupaten Kuningan masuk penilaian tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2011.

Sekolah sehat harus dioptimalkan dengan program sekolah berwawasan lingkungan dengan dukungan lintas sektor dan lintas program menuju tercapainya Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Sehat dan Kabupaten Konservasi. “Upaya ini akan terus dipacu serta diterapkan di sekolah lainnya,” pinta Bupati.

Sekolah, kata Amirudin berperan strategis dalam pembangunan bidang pendidikan. Oleh karena itu, harus didukung oleh suprastruktur dan sarana yang memadai diikuti dengan upaya menyiapkan SDM dan tenaga pendidik yang lebih berkualitas. (rml)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: