h1

MR Serap Aspirasi Para Kades Cidahu

27 Maret 2012

Cidahu, IB

H.T. Mamat Robby Suganda, S.Sos, Ketua Komisi C DPRD Jawa Barat kerap turun ke bawah untuk menyerap aspirasi masyarakat. Kali ini (Senin, 21/11/11) aspirasi disampaikan oleh para kepala desa (kades) se-Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan.

Secara bergantian para kades menyampaikan aspirasinya, yang diawali oleh tuan rumah, Kades Cidahu, Rudi Rahmat. Ia mengungkaplam, selama ini telah mendengar opini di masyarakat yang menyebutkan H. Robby akan mencalonkan diri menjadi Bupati Kuningan.

Aspirasi lainnya yang disampaikan Rudi berkenaan uang kinerja dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Uang kinerja itu datangnya tidak tentu dan jumlahnya cukup kecil untuk kades dan perangkat desa. Yang agak membingungkan, ketika uang sudah masuk rekening desa, tetapi petunjuk teknisnya menyusul datang, sehingga menimbulkan kegamangan, khawatir menimbulkan permasalahan hukum

Sementara itu, Ketua DPAC Partai Demokrat Kec. Cidahu, Uyud meminta agar H. Robby andai kelak jadi mencalonkan jangan untuk posisi K.2 (wakil bupati). Ia berharap agar keinginannya itu mendapat dukungan dari seluruh masyarakat Kuningan.

Aspirasi yang cukup lugas disampaikan oleh Tatang Tresna, Kadus Wage Desa Cidahu. Ia tanpa sungkan mengungkapkan bahwa selama ini kesejahteraan kades dan perangkat desa sangat minim. Karena itu, ia meminta agar tunjangan penghasilan tetap bagi kades dan perangkat desa seperti di Kabupaten Cirebon dan Brebes, dapat direalisasi pada 2012 nanti.

Pertemuan seperti ini, kata Robby, merupakan pertemuan informal, karena termasuk lingkup kerja bupati. “Tapi sebagai bentuk penghargaan atas undangan saya tetap hadir, meski hari ini ada rapat paripurna DPRD Jawa Barat,” ujarnya.
Hal ini berbeda ketika saat reses yang bisa mengundang siapa saja. Sehingga apabila melakukan kunjungan paling banter ke kiayi, dulur dan babaturan (kiayi, saudara, dan teman-teman).

Meski demikian, menurutnya, sebagai anggota DPRD Jabar dari Dapil X yang mencakup Kabupaten Kuningan, Banjar dan Ciamis sudah sepantasnya ia menghadiri apabila diundang. Hal ini sebagai komitmen terhadap para pemilih dan pendukung saat Pileg dulu. “Saya tidak mau dicap bila belum jadi datang hampir tiap hari, tapi kalau udah jadi sangat sulit ditemui. Ini yang sangat saya hindari,” ucap Robby.

Ia mengaku datang sebagai bentuk ucapan terima atas dukungannya saat Pileg dulu. Mengenai pertanyaan seputar pencalonan dirinya, secara diplomatis ia mengatakan pencalonan dari partainya itu ada mekanisme. Diantara mekanisme itu adalah dilakukan survey terlebih dahulu terhadap popularitas calon. Apabila dalam survey itu ternyata menempatkan pada posisi yang bagus, maka partai akan mengusung sebagai calon kepala daerah.

“Sampai saat ini, pupolaritas saya masih di bawah Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda. Mudah-mudahan diberikan kesehatan,” ucapnya jujur.

Kades Cibulan, Heri meminta agar desanya mendapat perhatian untuk pembangunan infrastruktur, seperti jalan desa, masjid dan kantor kepala desa. Kades Jatimulya Nuryadi, Kades Nanggela, R. Trisno, dan kades lainnya tak banyak cakap, tetapi langsung menyerahkan proposal yang telah disiapkannya.

Menanggapi pertanyaan dari Kades Jatimulya, ia menyebutkan dirinya tidak bicara partai yang ada di wilayah masing-masing, melainkan bagaimana kita harus membangun Kuningan ke depan yang lebih baik dan maju dengan potensi yang dimiliki. (kies)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: