h1

Lima Rumah Warga di Desa Ciherang Dihantam Longsor

27 Maret 2012

Kadugede, IB

Longsor menyebabkan puluhan pohon bambu tumbang dan menghantam lima rumah warga di Blok Kirisik Dusun Wage RT 14 RW 04 Desa Ciherang Kecamatan Kadugede, Selasa (25/11/11). Ke lima rumah warga itu yakni milik Usman, Aday, Yendi, Jumsih, dan Lukman.

Musibah yang berlangsung dini hari sekira pukul 02.00 wib tersebut menyejutkan warga sekitar, terutama para pemilik rumah yang menjadi korban. “Peristiwa ini terjadi ketika kami tengah terlelap tidur. Mendengar ada suara bergemuruh begitu keras kemudian genting berjatuhan, dengan bergegas kami sekeluarga langsung keluar rumah lewat jendela,” tutur Usman (46), salah seorang korban.

Akibat kejadian ini, ke lima rumah warga itu rusak. Kerusakan paling parah dialami Usman, karena hampir seluruh bagian rumahnya tertimpa pohon-pohon bambu yang tumbang. Beruntung tidak ada korban jiwa, dan satu rumah yakni milik Cipto yang berada pada komplek tersebut tidak tertimpa.

Kades Ciherang, Mamat Supriatna dan Kadus Wage, Bardi mengkalkulasi kerugian total dari musibah itu sebesar Rp. 115 juta. Rinciannya, Usman menderita kerugian Rp. 60 juta dan Jumsih yang atap dan tembok rumahnya retak Rp. 15 juta. Kemudian, tiga korban lainnya yaitu Yendi, Aday dan Lukman menderita kerugian yang sama Rp. 10 juta karena hanya atap rumahnya yang retak.

“Longsor di lokasi yang sama sudah terjadi tiga kali. Pertama tahun 1998, kedua tahun 2003, dan terakhir tentunya yang sekarang. Ini akibat tidak ada tembok penahan tebing di sini,” kata Kadus Wage, Bardi.

Selain itu, tambah dia, longsor pun diakibatkan oleh tidak adanya saluran air di sekitar pohon bambu tersebut. Sehingga, rembesan dan aliran air menyebabkan tanah menjadi rawan longsor. “Karena ada kemungkinan longsor lagi, maka atas izin pemilik kami akan menebang bambu-bambu ini,” ujar Bardi.

Sementara itu, saat mendapat laporan adanya musibah tersebut, pagi harinya Camat Kadugede, Yanuar Suyono, Sm.Hk didampingi Kapolsek Kadugede, Kompol Suardi dan anggota Danramil Kadugede langsung meninjau lokasi. Dia berbaur dengan masyarakat sekitar yang tengah membereskan lokasi musibah dan merehab rumah rusak. (CR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: