h1

Kades Dukuh Dalem, Demi Masyarakat Dahulukan Irigasi

27 Maret 2012

Ciawigebang, IB

Kepala Desa Dukuh Dalem Kecamatan Ciawigebang, Dra. Eti Suheti didampingi suaminya, Bahrudin menjelas-kan, dirinya lebih mengutama-kan pembangunan irigasi karena masyarakat di desanya paling banyak bergerak disektor pertanian.

“Irigasi ini sangat penting untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat yang sebagian besar adalah petani. Tetapi bukan berarti yang lainnya dikesamping-kan,” terang Eti Suheti, Sabtu (26/11/11) di lokasi PPIP.

Sebagai bukti tidak dikesampingkannya sektor lainnya, nampak dengan dilaksanakannya pengaspalan jalan melalui program PJBM sepanjang 800 meter. Ke depannya, tambah Bahrudin, pihaknya telah mengusulkan agar jalan poros desa yang menghubungkan Desa Muncangela Kecamatan Cipicung melalui desanya menuju Desa Pangkalan Kecamatan Ciawigebang bisa dihotmix. “Usulan untuk hotmix telah kami sampaikan ke Pak Bupati Kuningan,” terang Bahrudin.

Selain itu, dari dana PNPM Mandiri Perdesaan 2011 dibangun pula jalan menuju pemakaman di sebelah timur desa, dan dibangun saluran irigasi tersier dari program JITUT (jaringan irigasi tingkat usaha tani) dari Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan. Saluran air yang digarap oleh rekanan itu terletak di Blok Cikolot dengan panjang 250 meter.

Sedangkan dari dana program PPIP (percepatan  pembangunan infrastruktur perdesaan) yang saat ini sedang dilaksanakan, terang ketua OMS (Organisasi Masyarakat Setempat) sebagai pelaksana kegiatan PPIP, Kiayi Mulyana didampingi Ketua BPD, KH. Mahfudin, dialokasi-kan untuk membangun tiga DAM dan saluran air.

Ketiga DAM terletak di Blok Makam Bungbang I, Makam Bungbang II, dan Cikamaron. Setiap DAM yang melintang di 3 meter itu dilengkapi saluran air masing-masing 110 meter. “Ketiga DAM dengan salurannya itu untuk mengairi areal pertanian seluas 115 hektar,” terang Mulyana.  (tan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: