h1

Gubernur Saba Lembur Dipadati Ribuan Penonton

27 Maret 2012

Kuningan, IB

Acara Gubernur Saba Lembur yang menampilkan Wayang Golek Giri Harja 3 dengan Dalang Kondang Asep Sunandar Sunarya, berhasil menyedot puluhan ribu penonton. Penonton yang tak bergeming dari tempat duduknya semalam suntuk memadati Pandapa Paramarta Kuningan, Minggu malam (27/11/11).

Warga masyarakat dari wilayah Kuningan dan sekitarnya tumplek dan asyik menonton sampai acara tuntas menyaksikan si Cepot sang tokoh Punakawan. Acara itu diisi pula dengan dialog antara Gubernur H. Ahmad Heryawan dan Cepot dengan masyarakat yang diselingi doorprize dari Gubernur.

Drs. H. Hardiman, MM yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jabar mengungkapkan, acara Gubernur Saba Lembur merupakan pagelaran malam ke dua yang menampilkan wayang Golek Dalang Kondang Asep Sunandar Sunarya dari Giri Harja 3.

Dipilihnya Kabupten Kuningan, karena Kuningan banyak meraih prestasi ditingkat provinsi, diantara prestasi itu adalah sebagai Jajaka ke 3, dan juara Kirab ke 2 tahun 2011. “Ini berkat kemajuan yang ditorehkan oleh Bupati Kuningan, H. Aang,” ujar Hardiman.

Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda mengatakan, pagelaran wayang golek dalam acara Gubernur Saba Lembur itu sangat ditunjang oleh udara yang sejuk dan tanpa hujan sehingga puluhan ribu penonton berkenan datang. “Ini karena masyarakat Kuningan sangat menyukai wayang golek,” jelas Aang.

Ia menyebutkan perlunya melestarikan budaya leluhur yang sudah ada dan jangan sampai tersisihkan oleh budaya luar. Sehingga seni wayang golek di tatanan lokal juga banyak dalangnya. Disamping itu, seren taun, kawin cai dan sintren sebagai budaya Kuningan harus tetap dilestarikan.

Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi, katanya, harus tetap lestari dan hijau agar bisa bermanfaat bagi manusia secara umum. Sedangkan berkenaan dengan penunjukan Kuningan bersama empat daerah lainnya dari 26 kota dan kabupaten di Jawa Barat sebagai tempat acara Gubernur Saba Lembur, Bupati Aang sangat berterima kasih.

Pujian dilontarkan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Ia memuji Kuningan yang paling baik dan hijau diantara daerah lainnya di Jawa Barat. “Kabupaten Konservasi yang digagas Bupati Aang harus dipertahankan,” pinta Heryawan.

Ini juga berkaitan dengan penilaian kota di Indonesia, karena ada peningkatan passing grade, seluruh kabupaten/kota di Jabar gagal dapat Adipura. “Tetapi kita masih punya kebanggaan karena H. Aang bisa meraih Kalpataru. Ini tentu kebanggaan bagi masyarakat Kuningan dan Jawa Barat,” ucap politisi PKS ini.

Untuk majunya suatu daerah, tambah Heryawan, kita harus belajar dari Korea Selatan. Di sana masyarakat sudah ditanamkan sejak kecil untuk bisa mengalahkan Jepang. Orang Korea Selatan punya doktrin harus bisa mengalahkan Jepang, haram menggunakan produk Jepang, dan tidak boleh kalah dari orang Jepang.

Diakhir pidatonya ia mengajak masyarakat Jawa Barat untuk meneriakkan yel-yel “sabisa-bisa, kudu bisa, dan pabisa-bisa”. (tan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: