h1

70 Calon Transmigran Asal Kuningan Sudah Terdaftar

27 Maret 2012

Kuningan, IB

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Kuningan, Drs. H. Dadang Supardan, M.Si, sebanyak 70 orang calon trasmigran asal Kuningan sudah terdaftar di kantornya.

Para pendaftar transmigran tersebut, kata Dadang, rata-rata adalah buruh tani yang tidak punya lahan tanah. “Mereka mendaftar dengan harapan dapat lahan tanah pribadi,” ucap Dadang saat ditemui IB di ruang kerjanya, Kamis (1/12/11).

Dia mengungkapkan bahwa kebanyakan dari para calon transmigran tersebut ingin diberangkatkan ke daerah Riau. Akan tetapi, lanjut Dadang, Riau tidak membutuhkan transmigran, namun yang dibutuhkan adalah calon tenaga kerja untuk pemutik kelapa sawit.

Dikatakan, para transmigran asal Kuningan rencananya akan diberangkatkan ke Lahat, Sumatera Utara. Di sana, mereka akan diberikan lahan tanah seluas 2 hektare. “Itupun kalau mereka mau setelah nanti dikomunikasikan. Apabila mereka tidak mau diberangkatkan ke Lahat, kemungkinan aternatifnya akan diadakan translok ke daerah Mekarjaya,” jelasnya.

Berkaitan dengan masalah transmigrasi, Dadang mengeluh-kan masalah untuk biaya pemberangkatan, karena pada tahun yang lalu belum ada bantuan anggaran dari APBD. “Hal itu penting mengingat sewaktu pemberangkatan mini-mal ada keseragaman pakaian, tas dan uang saku. Namun alhamdulilah, untuk tahun 2012 sudah dianggarkan dalam APBD sebesar Rp. 75 juta,” ujarnya. (rda)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: