h1

Dompet Dhuafa Tebar 750 Ekor Hewan Kurban di Kuningan

25 Maret 2012

H. Kusnandar

Kuningan, IB

Dompet Dhuafa (DD) Republika melakukan tebar hewan kurban (THK) sebanyak 750 ekor domba dan satu ekor sapi dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1432 H / 2011 di Kabupaten Kuningan. Hal itu diungkapkan Direktur THK DD, H. Kusnandar, SE, MH, kepada IB, Selasa (8/11/11) di SMPN 2 Cibingbin.

Aksi tebar hewan kurban (THK) merupakan program peduli umat muslim yang kurang beruntung. Kegiatan itu telah berlangsung tahun 1993, dengan cakupan tak hanya dalam negeri tetapi sampai ke beberapa negara minoritas muslim.

Kabupaten Kuningan sendiri mendapat peningkatan alokasi THK dibanding tahun sebelumnya. Bila tahun 2010 lalu 375 ekor, maka tahun ini meningkat tajam menjadi 750 ekor hewan kurban untuk disebar di Kabupaten Kuningan.

Adapun sebarannya dengan prioritas penitipan di sekolah. Hal itu nampak dari tempat pelaksanaan THK di SMPN 2 Cibingbin yang menebar hewan kurban mencapai 182 ekor dan seekor sapi yang sudah untuk ke empat kalinya. Begitu juga di SMPN 1 Cibingbin sebanyak 100 ekor ditebar, dan tempat lainnya.

“Ini sudah menjadi syiar Dompet Dhuafa yaitu harus sampai ke masyarakat langsung. Jika tidak, maka yang dititipkan, untuk tahun berikutnya bisa dicoret,” ujarnya.

Pada 2011 ini, Dompet Duafa telah menebar sebanyak 17.000 kambing di seluruh Indonesia. Tidak sekadar di Indonesia, DD menebar hewan kurban di negara-negara minoritas muslim, seperti Vietnam, Somalia, Kamboja, Palestina dan Timor Leste.

THK adalah program rutin kurban DD setiap tahun. Selain ada program sosial rutin bulanan, baik untuk pendidikan, ekonomi dan pemberdayaan.

Kepedulian H. Kusnandar terhadap Kuningan sangat masuk akal, karena Ia merupakan eksekutif muda dan sukses yang berkarir dibidang sosial. Tak aneh kepedulian alumni SMPN Cibingbin ini begitu besar terhadap Kabupaten Kuningan.

Dompet Dhuafa Republika adalah lembaga nirlaba yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana zakat, infak, sedekah (ZIS).

DD memegang teguh prinsip manajemen transparan, dapat dipertanggungjawabkan, profesional, berdayaguna, berhasilguna, berorientasi pada perbaikan terus menerus berdiri atas pertimbangan profesional.

Kusnandar mengatakan bahwa sekolah merupakan tempat untuk membangun karakter bangsa yang berbudi luhur. Sekolah juga merupakan laboratorium untuk mencetak para siswa agar nanti bisa mandiri. Ia menyebut SMPN 2 Cibingbin merupakan pioner pelaksanaan THK di Kabupaten Kuningan sehingga setiap tahun bisa terus melaksanakannya.

Ia mengungkapkan, saat ini banyak orang yang hidup semakin kaya, tetapi tidak punya semangat berbagi kepada orang lain yang tidak mampu. Padahal di sekeliling kita masih banyak yang membutuhkan uluran tangan kita. Sulitnya berbagi ini karena tidak punya jiwa peduli terhadap sesama.

Dengan konsep keseimbangan sosial (social equality) kita bisa membantu saudara kita yang kurang beruntung. “Untuk itu, mari kita tanamkan semangat berbagi kepada sesama umat yang kurang beruntung,” ajak dia.

Dengan semangat berbagi, tidak akan ada lagi anak terlantar dan tidak bisa melanjutkan sekolah. Di Dompet Dhuafa sendiri yang memiliki lembaga Pengembangan Insani terus memberikan beasiswa kepada siswa maupun mahasiswa. Bahkan telah membuat dua rumah sakit yang betul-betul gratis bagi masyarakat yang tidak mampu.

Dengan sistem pengelolaan yang transparan, terukur, berdayaguna dan dapat dipertanggungjawabkan dalam mewujudkan kemandirian masyarakat, Dompet Dhuafa akan terus beraktivitas menyantuni dhuafa, menjalin ukhuwah, dan menggugah etos kerja. (tan)

One comment

  1. salam hanura brebes pa saya prihatin dengan hanura di kecamatan tanjung di desa sengon pa kus tdak tepat orang orang yang pa kus percaya itu smua orang orang yg mementikan pribadi yg



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: