h1

Warga Cibinuang Blokir Jalan Desa

24 Maret 2012

Kuningan, IB

Puluhan warga Desa Cibinuang memblokir poros jalan yang menghubungkan Cibinuang - Citangtu dengan menanami pohon pisang dan singkong, Rabu (19/10/11)

Puluhan warga Desa Cibinuang Kecamatan Kuningan beramai-ramai menanam pohon pisang di tengah ruas jalan Cibinuang – Citangtu. Aksi turun ke jalan, Rabu (19/10/11) itu dilakukan sebagai bentuk keprihatinan terhadap kerusakan jalan yang tak kunjung diperbaiki Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan.

Nampak puluhan warga Desa Cibinuang sibuk memblokir jalan desa itu dengan pohon pisang, pohon singkong dan kayu balok. Akibatnya, mobil  maupun motor sulit untuk menembus barikade itu.

Menurut Yanto Priyanto, tokoh pemuda Desa Cibinuang, dilakukannya aksi menanam pohon pisang di tengah jalan itu sebagai ungkapan kekesalan warga desanya karena sejak lama jalan penghubung dua desa tadi  dibiarkan rusak parah, tak kunjung diperbaiki pemerintah. Padahal pihaknya sudah mengajukan permintaan permohonan bantuan kepada Bupati Kuningan.

“Kami sudah mengajukan untuk perbaikan jalan ini sejak tahun 2008 lalu. Bupati sendiri saat membuka turnamen sepakbola di desa ini pernah menjanjikan akan segera memperbaikinya, tetapi tidak ada buktinya,” ujar Yanto bersemangat.

Jalan itu, kata Yanto, sangat penting sekali bagi masyarakat sebagai lalu lintas perekonomian untuk mengangkut hasil bumi.

Kaur Pemerintahan Desa Cibinuang, Aang Nugraha menambahkan, sejak kondisi jalan rusak, banyak warga yang mengalami kecelakaan. Parahnya lagi, ongkos angkutan hasil bumi pun membengkak karena harus memakai jalan lain yang rutenya memutar. Sudah bertahun-tahun kondisi tersebut dibiarkan tanpa disentuh perbaikan.

“Warga berharap jalan yang menghubungkan Cibinuang dengan Citangtu ini segera diperbaiki, karena selama ini kami melalui jalan yang lebih jauh,” ungkapnya.

Jojo Juhana, Kaur Ekbang Desa Cibinuang, aksi pemblokiran jalan desa oleh warga sebelumnya telah disetujui oleh seluruh aparat desa, dengan alasan demi pemerataan pembangunan desa. “Warga kami juga bayar pajak, alangkah adilnya jika kami juga menuntut pemerintah untuk segera memperbaiki jalan ini,” tegasnya.

Terpisah, Pjs Kepala Desa Cibinuang, Endjo Sapdja saat ditemui di ruang kerjanya tidak menampik adanya aksi turun ke jalan itu. “Saya sangat memahami keinginan warga untuk memiliki jalan yang layak, tetapi permohonan yang telah kami sampaikan belum ada realisasinya,” terang dia. (tan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: