h1

Sartono: Masih Kekurangan 46 Guru

24 Maret 2012

Selajambe, IB

Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Selajambe, Sartono, S.Pd, MM mengatakan, di wilayah kerjanya masih kekurangan sekira 42 guru PNS (pegawai negeri sipil) dari 15 SD yang ada. Sehingga untuk solusinya dilakukan penempatan guru tidak tetap atau honorer.

Sartono (dok: IB)

Ia sangat merespon adanya keinginan Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan untuk melakukan pemerataan tenaga kependidikan atau guru. “Saya sangat merespon positif pemerataan tenaga guru. Karena memang di wilayah kami masih membutuhkan banyak guru PNS,” terang Sartono di ruang kerjanya, Kamis (20/10/11).

Pemerataan pernah dilakukan tahun lalu, ketika itu mendapat distribusi lima orang guru PNS, namun masih kurang dari kebutuhan yang ada. Sekolah yang masih kurang itu terutama di SD Kutawaringin 1 dengan empat guru, dan SDN Kutawaringin 2 yang memiliki tiga guru PNS.

Jumlah itu, kata Sartono, berdasarkan ketentuan bahwa sekolah mempunyai enam rombongan belajar (rombel) dengan sepuluh pegawai. Mereka terdiri dari enam guru kelas, dan masing-masing seorang guru agama, guru olah raga, kepala sekolah dan penjaga sekolah.

Sedangkan sekolah yang siswanya semakin menurun yakni SDN 2 Selajambe, yang memiliki 35 siswa. Mereka digabung dalam enam rombel menggunakan 3 ruang belajar. Sehingga harus diskat, satu kelas untuk dua rombel. “Kalau dari jumlah siswanya, SDN 2 Selajambe layak dimerger. Semakin menurunnya jumlah siswa itu karena disatu sisi adanya keberhasilan KB (keluarga berencana),” terang dia.

Ia pun mengatakan, pekan lalu pihaknya telah mengadakan KMD (kursus mahir dasar) pramuka untuk sekolah dasar selama tiga hari (Kamis – Sabtu) di Lapangan Gintung Desa Selajambe. Kegiatan kemah bakti itu seharusnya diadakan menjelang Hari Pramuka 14 Agustus lalu. Sayangnya, saat itu terkendala banyak kegiatan belajar dan shaum Ramadhan. (tan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: