h1

Rutilahu Dorong Sadikin Bisa Bikin Rumah

24 Maret 2012

Ciwaru, IB

Program rumah tidak layak huni (Rutilahu) yang digagas Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda menjadi stimulan bagi Sadikin Adi Purnama untuk bisa bikin rumah sendiri. Bupati Aang Aang memang sejak berkuasa sudah mempunyai program Rutilahu sebagai bentuk kepedulian terhadap warga masyarakat yang belum mempunyai tempat tinggal yang layak.

Bantuan Pemkab Kuningan untuk Rutilahu sendiri tidak cukup besar, hanya Rp. 2 juta untuk satu rumah. Namun dampaknya memberikan dorong-an (stimulan) bagi masyarakat untuk saling membantu dalam membangun rumah warganya yang kurang beruntung itu.

Sebelumnya, Sadikin Adi Purnama memiliki rumah yang kurang layak huni, dengan satu kamar, satu ruang tamu dan tanpa kamar mandi. Itupun dihuni oleh dia, istri dan dua anaknya.

Tapi sekarang meski belum selesai, rumahnya pun bertambah luas dengan dua kamar, ruang tamu, dapur dan kamar mandi. Nampak beberapa orang tukang batu sedang bekerja menyelesaikan pembangunan rumah Sadikin.

Sadikin sendiri mengaku bangga dengan adanya bantuan dana dari Pemda Kuningan itu. “Meski dana itu tidak terlalu besar namun mampu mendorong swadaya masyarakat dan bantuan dari donatur lainnya. Sehingga keinginan untuk memiliki rumah layak huni pun akan segera tercapai,” jelas Sadikin di rumahnya yang sedang dibangun itu, Jum’at (14/10/11).

Ketika ditanya dari mana saja bantuan lainnya datang, Ia menyebutkan, mendapat bantuan dari Apang Sujaman, S.Pd, Anggota DPRD Kab. Kuningan Fraksi PDI Perjuangan. “Pak Apang membantu pengadaan kayu sepenuhnya,” terang Sadikin.

Bantuan juga mengucur dari H. Acep Purnama, SH, MH, Ketua DPRD Kuningan yang memberikan  20 zak semen, dan Kuwu Ciwaru Aris Heryana, membantu  satu pak rokok Djarum Coklat.

Bantuan terbesar, menurut Sadikin justru dari masyarakat bila diakumulasikan, terutama tenaga, dan bantuan lainnya. (tan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: