h1

Oknum Petugas PABP Japara Diduga Manipulasi Rekening

24 Maret 2012

Japara, IB

Oknum petugas pencatat kilometer pada Pipanisasi Air Bersih Perdesaan (PABP) Kecamatan Japara, RN, diduga memanipulasi pencatatan nominal rekening pembayaran beberapa konsumen selama dua bulan terakhir. Sehingga, saat jatuh tempo pembayaran, konsumen harus mengeluarkan kocek yang lebih besar.

“Dalam dua bulan terakhir ini, pembayaran bulanan rekening air terasa membengkak. Penyebabnya, oknum pencatat kilometer diduga asal tembak dalam mencatat debit air yang dipakai tiap bulannya,” ungkap seorang konsumen yang enggan dikorankan kepada IB, Kamis (20/10/11).

Menurut sumber itu, bukti penyelewengan petugas pencacat kilometer dilihatnya pada struk pembayaran selama bulan Agustus – September 2011. Pada struk tersebut, kata dia, terdapat jumlah yang sama pada kedudukan kilometer akhir. “Kejadian ini menimpa pula konsumen yang lain,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, ada dua hal yang kurang jelas pada pengelola Pipanisasi Air Bersih Perdesaan Kecamatan Japara selain pencatatan kilometer yang tidak sesuai dengan rekening tagihan. Kekurangjelasan itu adalah kilometer yang rusak tidak cepat diganti dan ketidakjelasan dana pemeliharaan yang dibebankan kepada konsumen yakni Rp. 2.000 per bulannya.

Sementara, Bambang Kusmantoro, Seksi Keamanaan yang juga bertugas menampung aspirasi dan keluhan konsumen di lembaga pengelola air bersih tersebut mengucapkan terima kasih terkait keluhan yang disampaikan.

“Terus terang saya merasa kaget atas kejadian ini, karena saya baru dua bulan bertugas. Kedepan, kami akan lebih teliti lagi agar konsumen tidak dirugikan,” kata dia. (dad)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: