h1

Kejar Siang Malam Rampungkan Jalan Desa Pakapasan Girang

24 Maret 2012

Hantara, IB

Kejar siang malam itulah yang dilakukan oleh warga Desa Pakapasan Girang Kecamatan Hantara dalam menyelesaikan pengecoran ruas jalan desa.  Mereka,  kata Kepala Desa Pakapasan Girang, Eyo Yohana tanpa dikomando mengumumkan sendiri melakukan kerja lembur di malam hari.

“Dasar pemilihan kerja malam karena waktunya lebih leluasa dan tidak panas, sehingga hasil pekerjaan akan lebih bagus,” terang Eyo Yohana, di lokasi kegiatan, Jalan Cikapas menuju simpang tiga Jalan Ciniru – Hantara, Senin (24/10/11).

Ruas jalan desa itu panjangnya 1.100 meter, namun yang dapat digarap dari program PPIP (Program Percepatan Infrastruktur Perdesaaan) dengan dana sebesar Rp. 250 juta hanya cukup untuk 550 meter dengan lebar 3 meter.

Selain itu, dana PPIP digunakan untuk membangun TPT (tembok penahan tebing) dan sebuah jembatan. TPT yang dibangun sepanjang 650 meter dengan ketinggian bervariasi antara 50 cm hingga 3 meter di sepanjang jalan yang dicor itu. Sedangkan jembatan yang dibangun dengan volume lebar 5 meter dan panjang 11 meter.

Pengerjaan TPT sendiri lebih lama dibanding dengan pengecoran jalan, karena pengecoran dapat dilakukan oleh lebih banyak orang. Sedangkan pembuatan TPT tidak membutuhkan banyak orang. “Inilah yang menyebabkan pengerjaanTPT itu lebih lama dibanding pengecoran jalan,” ujar Eyo Yohana.

Eyo mengaku optimis dengan personil OMS (Organisasi Masyarakat Setempat) sebagai pengelola program yang terdiri dari Ketua Rustaman, Sekretaris Santosa dan Bendahara Sahrudin, pekerjaan dapat selesai lebih cepat. “Dari waktu pengerjaan selama tiga bulan sesuai time schedule, kami bisa menyelesaikan hanya dalam waktu kurang dari satu bulan,” kata dia.

Ia menyebutkan, dipilihnya pengerjaan jalan dengan kontruksi cor karena berharap kondisi jalan lebih kuat dibanding dengan aspal. “Pengecoran ini dengan harapan pengerjaan lebih cepat dan kuat dibanding diaspal, meski harus bertindak cepat dengan kondisi anggaran belum semuanya turun,” tambah dia. (tan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: