h1

Kantor Camat Sindangagung Gencar Sosialisasikan Kewaspadaan Nasional

24 Maret 2012

Sindangagung, IB

Kantor Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan gencar menyosialisasikan kewaspadaan nasional, dengan membahas empat pilar nilai-nilai kebangsaan. Menurut Camat Sindangagung, Drs. Agus Basuki, M.Si, keempat pilar kebangsaan itu meliputi Pancasila, bhineka tunggal ika, UUD 45 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam implementasinya, bentuk kewaspadaan nasional tersebut dilakukan dengan kesiapsiagaan seluruh warga masyarakat dengan membuat kentongan. “Mari kita buka kembali budaya lama kentongan di setiap rumah untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan kita,” ujar Udin, S.Pd, Kasi Tramtib Kecamatan Sindangagung.

Menurut Udin, pembinaan empat pilar wawasan kebangsan itu untuk memberikan motivasi kepada masyarakat secara umum agar waspada terhadap isu-isu mutakhir saat ini. “Isu-isu itu diantaranya tentang terorisme dan perkembangan aliran Ahmadiyah. Sehingga untuk menangkalnya dikembangkan kembali budaya lama dengan adanya kentongan,” kata Udin.

Apalagi, lanjut dia, saat ini yang menjadi isu nasional yang sedang gencar adalah terorisme yang harus dihadapi oleh seluruh komponen masyarakat.

Udin mengungkapkan, dalam waktu yang relatif singkat sosialisasi telah dilakukan pada 12 desa di Kecamatan Sindangagung. Dalam praktiknya, sosialisasi terkadang sehari ada yang satu desa atau dua desa. “Desa Sindangagung sendiri merupakan desa terakhir yang diberikan pembinaan empat pilar kebangsaan ini, setelah desa lainnya bersepakat untuk membangun komitmen menumbuhkan kembali budaya lama kentongan,” terang dia.

Budaya lama, tambah dia, itu belum tentu buruk dan budaya baru juga belum tentu baik untuk bangsa Indonesia. Sehingga, adanya budaya kentongan yang bisa sebagai sarana komunikasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan sangat baik untuk dilestarikan.

Di desa Sindangagung yang dihuni intelaktual dan aparat ini, sosialisasi pun berlangsung dinamis dan komunikatif dengan mengedepankan semangat silaturahmi. Sosialisasi dilak-sanakan di Gedung Serbaguna Desa/Kecamatan Sindangagung, Sabtu malam (22/10/11) yang dihadiri Kepala Desa Sindangagung Mulyono AR, ketua BPD, LPM, perangkat desa, ketua RT dan RW dan pemuda.

Kepala Desa Sindangagung, Mulyono AR menyambut gembira dibukanya kembali budaya lama kentongan di wilayah Kabupaten Kuningan. “Saya beserta lembaga yang didukung RT dan RW siap melestarikan budaya lama kentongan agar terjaga keamanan dan ketertiban lingkungan bersama,” ungkap ketua DPC APDESI Kab. Kuningan ini. (tan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: