h1

HAN dan PIN

24 Maret 2012

Cilimus, IB

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kabupaten Kuningan di taman Gedung Perundingan Linggarjati, Selasa (18/10/11) sekaligus dilaksanakan pencanangan pekan imunisasi nasional (PIN). Pencanangan dilakukan oleh Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda bersama Ibu Hj. Utje Ch. Suganda.

Gebyar hari anak nasional itu dipadati ribuan anak-anak yang begitu ceria, bahkan beberapa diantaranya unjuk kebolehan di panggung kehormatan. Diantaranya dari TK Cigugur dengan tarian Ayang-ayang Gung, dan IGRA yang menampilkan tarian Sunda. Mereka nampak tak canggung menari di atas panggung itu.

Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda mengatakan, ada tiga hal yang harus menjadi perhatian orang tua terhadap anak-anaknya. Ketiga hal itu yakni memberikan perhatian kepada anak-anak kita, mendidik, dan memberikan kasih sayang kepada mereka.

Pendidikan anak, sebut Aang, harus dimulai dari pendidikan di dalam rumah tangga dan menjadi tanggung jawab sepenuhnya orang tua, khususnya berupa pengasuhan, pembimbingan, dan pemberian arahan untuk menuju masa depan yang benar. Termasuk di dalamnya orang tua juga bertanggung jawab didalam membentuk kepribadian anak.

Selanjutnya, pendidikan di sekolah memberikan peranan penting kepada guru dan pendidik. “Pendidikan yang benar tentu saja bukan hanya berkaitan dengan ilmu dan pengetahuan, tetapi untuk memiliki mental kepribadian dan fisik yang baik, serta intelektual dan kecerdasan yang baik,” terang Aang.

Juga, lanjutnya, harus memberikan perlindungan dari diskriminasi, ekploitasi baik ekonomi maupun seksual, penelantaran, kekejaman, kekerasan, penganiayaan, ketidakadilan dan perlakuan salah lainnya.

Untuk itu, Bupati mengajak seluruh guru dan orang tua lebih meningkatkan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak untuk tumbuh dan berkembang secara sejahtera agar terbentuk generasi penerus yang tangguh, sehat, jujur, cerdas, berprestasi dan berakhlak mulia.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Drg. H. Kadaryanto, MM, Mars mengungkapkan, tujuan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran seluruh stakeholders akan pentingnya memberikan perlindungan, pemenuhan hak-hak anak, serta pelayanan holistic integrative kepada semua anak tanpa diskriminasi.

Acara dihadiri pula oleh Dandim 0615 Kuningan Letkol Kav. Sugeng Waskito Aji, Ketua Pengadilan Erwan Toni, SH, MH, dan Wakil Ketua DPRD Drs. H. Toto Suharto, S.Farm.Apt.

Diakhir acara dilakukan pengukuhan Hj. Utje Ch. Suganda sebagai Bunda PAUD Kabupaten Kuningan oleh wakil HIMPAUDI Jawa Barat, dan dilanjutkan dengan pencanangan pekan imunisasi nasional (PIN) dengan meneteskan vaksin anti polio dan campak kepada anak-anak. (dad/tan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: