h1

Desa Nanggerangjaya Peringati Hari Jadi ke-31

24 Maret 2012

Mandirancan, IB

Desa Nanggerangjaya Kecamatan Mandirancan memperingati hari jadinya yang ke-31, Kamis (27/10/11). Acara dihadiri Camat Mandirancan Drs. Tatang Taryono, M.Si, muspika, lembaga-lembaga desa, dan masyarakat setempat.

Kepala Desa Nanggerangjaya, Suherlan mengatakan, peringatan hari jadi yang dilaksanakan setiap tahun, merupakan momen untuk meningkatkan rasa memiliki dan cinta terhadap desa. Disamping itu, sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT atas berkah dan rahmatnya yang telah dilimpahkan kepada warga.

Peringatan kali ini, lanjut Suherlan, tidak hanya bersifat seremonial saja, tetapi panitia juga memogramkan kegiatan pembangunan. Pembangunan dimaksud adalah penyelesaian dua ruang kelas dan dua WC madrasah diniyah (MD), dengan dana bersumber dari APBDes dan swadaya.

“Kami mohon dukungan kepada semua pihak agar pembangunan MD yang ditargetkan selesai setelah puncak peringatan hari jadi itu, berjalan lancar dan mendapat ridho-Nya. Kepada seluruh warga, saya mengajak agar meningkatkan budaya gotong-royong sehingga semua cita-cita pembangunan dapat terlaksana,” kata Suherlan.

Sementara, Ketua BPD Nanggerangjaya, Rukmadi Wirya, SH memaparkan riwayat singkat desanya. Menurut dia, sebelum menjadi desa, Nangge-rangjaya merupakan blok dari Desa Mandirancan dengan nama Kampung Nanggerang.

Pada tahun 1979, kata Rukmadi, masyarakat Kampung Nanggerang mengajukan usulan kepada Pemerintah Dati II Kuningan untuk memisahkan diri dari desa induk Mandirancan. Usulan warga pun direspon, pemerintah menjadikan Kampung Nanggerang sebagai desa persiapan pada tanggal 27 Oktober 1980. Akhirnya, pada tanggal 12 Mei 1981 resmi menjadi Desa Nanggerangjaya, dengan dipimpin seorang Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa, Kasim Kasmita (1980 – 1984).

Periode berikutnya, Desa Nanggerangjaya dipimpin oleh kepala desa hasil pemilihan (Pilkades) yakni Emo Rasmana (1984 – 1987). Setelah itu, pucuk pimpinan dipegang Pjs yaitu D. Danusaputra karena terjadi kekosongan masa jabatan (1987 – 1989). Selanjutnya, mantan Pjs, Kasim Kasmita kembali memimpin desa tersebut untuk periode (1989 – 1998), setelah dia memenangkan Pilkades.

“Pada tahun 1998 – 1999, D. Danusaputra diangkat kembali menjadi Pjs di desa kami. Kemudian pada tahun 1999 – Maret 2007 desa dipimpin oleh Bapak Soekartono, SP. Dan, dari bulan April hingga sekarang Desa Nanggerangjaya dipimpin oleh Bapak Suherlan,” ucap Rukmadi. (rml)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: