h1

Desa Jamberama Utamakan Jalan Lingkungan

24 Maret 2012

Selajambe, IB

Kepala Desa Jamberama Kecamatan Selajambe, Djukari, S.Pd lebih mengutamakan pembangunan jalan lingkungan dibanding infrastruktur lainnya. Hal itu berkaitan dengan pemanfaatan bantuan dana PPIP (Program Percepatan Infrastruktur Perdesaan) dari pemerintah melalui Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kab. Kuningan.

Ada empat titik kegiatan pembangunan jalan lingkungan di Desa Jamberama hingga saat ini telah mencapai 75 persen. Keempat titik itu semuanya di Dusun Cilimus meliputi di RW 01 Jalan sepanjang 70 meter dengan lebar 2,5 meter dan gang 250 meter.

Sedangkan di RW 02 dana dialokasikan untuk membangun jalan utama sepanjang 300 meter dan gang 100 meter di Blok Karoya.

Di desanya juga ada beberapa ruas jalan yang harus segera mendapat penanganan. Jalan itu yakni ruas jalan yang menghubungkan desanya dengan Desa Padahurip sepanjang 3 km, dan ruas jalan menuju Kantor Camat Selajambe 1 km.

“Kami mengetahui dari ketua OMS (organisasi masyarakat setempat) sebagai pengelola kegitan. Ia menerangkan bahwa pencapaian itu disesuaikan dengan ketersediaan dana yang diterima sebesar 70 persen dari total Rp. 250 juta,” kata Djukari didampingi Kaur Kesra, Jaja, di Jamberama, Kamis (20/10/11).

Dalam pelaksanaan kegiatan, Ia berupaya memberikan keleluasaan sepenuhnya kepada Ketua OMS, Karmin dan pengurus lainnya. “Pada prinsipnya, kami berupaya memberikan keleluasaan untuk bekerja sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, agar tidak terjadi masalah dikemudian hari,” jelas mantan kepala UPTD SD Kec. Selajambe ini.

Di desa ini pun rencananya, pada 10 November depan akan dihelat pagelaran Tayuban dengan nayaga dan artisnya semuanya lokal dari desa tersebut. Kesenian Tayuban dari desa ini telah dikenal hingga Jawa Barat, dan pekan depan akan tampil di Cirebon. “Mudah-mudahan nanti Pak Bupati dan ketua DPRD berkenan hadir saat perhelatan Tayuban itu,” harap Djukari. (tan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: