h1

1,2 Juta Bibit Albasia KBR Akan Hijaukan Kuningan

24 Maret 2012

Kuningan, IB

Kabupaten Kuningan mendapat program Kebun Bibit Rakyat (KBR) dari APBN 2011 dengan alokasi dana sebesar Rp. 1,2 miliar. Dana tersebut digunakan untuk persemaian bibit di 24 kelompok tani/ desa. Setiap kelompok itu harus mampu menyediakan bibit Albasia siap tanam 50.000 batang dalam polyback.

“Total seluruh bibit yang siap tanam di 24 kelompok setelah empat bulan masa semai itu itu berjumlah 1,2 juta batang,” terang Susilo, Kasi Tata Guna Lahan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Kuningan, di ruang kerjanya, Kamis (27/10/11).

Ketika ditanya alokasi dana yang dikucurkan, Susilo menjelaskan, dari dana sebesar Rp. 50 juta yang dialokasikan saat ini telah diterima kelompok sebesar Rp. 20 juta (40%) untuk pengadaan bahan dan upah kerja. “Dana akan dikucurkan sepenuhnya hingga kontrak selesai, yakni siap tanamnya bibit yang disemai itu,” terang Susilo.

Pengadaan bibit ini, kata Susilo, sangat mendukung sekali program Kabupaten Konservasi yang dicanangkan oleh Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda.

Semetara itu, Kepala Desa Randusari Kec. Cibeureum, Tata Kasta menjelaskan, kelompoknya yang ditargetkan menyediakan 50.000 bibit telah mempersiapkan sebanyak 70.000. “Itu untuk mengantisipasi bila ada yang mati,” kata Tata. (tan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: