h1

Pelaku PNPM Terima Si Kompak Award

22 Maret 2012

Kuningan, IB

Para pelaku PNPM di tingkat kecamatan dan desa di Kabupaten Kuningan mendapatkan penghargaan “Si Kompak Award” dari Bupati Kuningan, di GOR Ewangga, Rabu (5/10/11). Penghargaan yang diberikan meliputi lima kategori.

Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda menyerahkan Si Kompak Award kepada H. Kamil G. Permadi, Kepala BPMD dan pelaku PNPM lainnya, di GOR Ewangga, Rabu (5/10/11)

Penyerahan ini dihadiri Kepala BPMD Kab. Kuningan, Drs. H. Kamil G. Permadi, MM, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Kuningan, Hj. Utje Ch. Suganda, Forum Pimpinan Daerah,  pimpinan SOPD, PJOK Kabupaten, para camat, Fasilitator Kabupaten/Kecamatan, PJOK Kecamatan, dan 900 KPMD serta 335 perwakilan desa penerima program.

Ketua Panitia, Dani Nuryadin menuturkan,  peserta gelar kapasitas pelaku ini memiliki beberapa kategori dari 29 kecamatan dengan lima peringkat terbaik tingkat kabupaten.

Penghargaan itu meliputi kategori: Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), Unit Pengelola Kegiatan (UPK), dan Badan Pengawas Unit Pengelola Kegiatan (BP UPK). Juga, Pendamping Lokal (PL) dan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD).

Menurut Ketua BKAD Kab. Kuningan ini, PNPM Mandiri Perdesaan dan, PNPM Generasi Sehat dan Cerdas merupakan program lanjutan dari pemerintah pusat. Semula, pada 1998 bernama Program Pengembangan Kecamatan (PPK) dan akan dilaksanakan sampai 2014.

“Program ini sangat terasa dan dapat kita rasakan hasilnya oleh masyarakat Kabupaten Kuningan mulai desa hingga kelurahan,” jelas Dani Nuryadin.

Ia menyebutkan, program yang telah dilaksanakan hingga 2011 meliputi berbagai sektor, diantaranya : sarana air bersih  14.147 meter, aneka bangunan 1 unit, bangunan pelengkap  109.767 m2, gedung kesehatan 336 unit, irigasi 78.052 m, dan jalan 116.058 m.

Selain itu, jembatan 35 buah, MCK/WC SD 30 unit, pasar 7 unit, prasarana kesehatan 595 unit, prasarana pendidikan  733 unit, prasarana umum 39.370 m2, sarana dan perlengkapan kesehatan 72 unit, sekolah 53 lokal, dan simpan pinjam perempuan (SPP) 1.280 kelompok

“Total anggaran yang sudah direalisasikan sampai 2010 sebesar Rp. 152 miliar, berasal dari APBN dan Rp. 31,4 miliar dari APBD berupa dana coastsharing,” ungkapnya.

Bupati Kuningan mengatakan, penghargaan yang diberikan ini sebagai  bentuk apresiasi terhadap keberadaan para pelaku PNPM Mandiri Perdesaan yang telah melaksanakan program dengan baik. Juga, untuk memotivasi agar mereka mampu memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Kuningan.

Ia pun meminta kepada para pelaku PNPM untuk terus meningkatkan kebersamaan antara pemerintah dengan masyarakat, dengan memperkuat koordinasi antar pelaku PNPM Mandiri Perdesaan, baik secara vertikal maupun horizontal. Serta, hindari terjadinya penyimpangan atau penyalahgunaan anggaran.

“Disamping itu, kembangkan semangat dan motivasi untuk selalu bangga membangun desa. Sehingga desa yang ada di Kabupaten Kuningan menjadi desa yang sejahtera dan mandiri,” ucap Aang.

Para Penerima Si Kompak Award

Kategori BKAD : Kecamatan Darma, Cidahu, Ciawigebang, Luragung, Ciwaru. UPK : Darma, Cidahu, Ciawigebang, Luragung, Ciwaru. Badan Pengawas UPK : Yayat Sudrajat, SP (Cidahu), Daris (Cilebak), Ahmad mulyadi (Luragung).
Badan Pengawas UPK :  Yayat Sudrajat, SP (Cidahu), Daris (Cilebak), Achmad Mulyadi (Luragung), M. Fadli H.M. AZ (Garawangi). Pendamping Lokal (PL) : Zainudin (Lebakwangi), Aas Firmansyah (Cilebak), Hendriyatno (Darma), Iwansah (Cigandamekar).

Kader Penggerak Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) : Indra Gunawan (Jalaksana), Evi Mustadah (Sindangagung), Fitri Hayati (Cigandamekar), Uu Haerudin (Ciwaru), Nana Suryana Kec. Darma. (tan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: