h1

Pacuan Kuda Tradisional Dipadati Pengunjung

22 Maret 2012

Kuningan, IB

Ribuan warga Kabupaten Kuningan memadati lomba Pacuan Kuda Tradisional yang dilaksanakan di Area Pacuan Kuda, Jalan DR. Ir Soekarno, Kuningan, Minggu (4/8/11).

Lomba Pacuan Kuda Tradisional ke-6 dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-66 dan Hari Jadi Kuningan ke-513.

Yang cukup unik, kuda yang digunakan pacuan itu merupakan kuda yang biasa digunakan untuk menarik delman.
Meski demikian, setiap ada gelaran pacuan kuda peserta selalu membludak. Namun, karena bukan atlet profesional, tak jarang para joki ini terjatuh saat kuda yang ditumpanginya melaju di lintasan. Beberapa joki bahkan terpaksa diangkut oleh tim medis setelah terjatuh. Akibatnya kuda yang kemudian berlari tanpa joki, sempat menyulitkan panitia saat hendak ditangkap.

Bupati Kuningan, H  Aang Hamid Suganda mengatakan, pacuan kuda tradisional ini merupakan olahraga yang berkembang di Kuningan sejak zaman kerajaan. Untuk itu, olahraga berkuda ini perlu dipertahankan serta ditingkatkan kembali karena sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Kuningan.

“Terus terang saya bangga dengan terus berkesinambungan-nya acara Pacuan Kuda Tradisional ini. Karena selain mencari atlet berkuda potensial Kuningan, juga dapat menghibur masyatakat,” terangnya.

Sementara Ketua Panitia, Drs. Asep Budi Setiawan, M.Si menjelaskan, Pacuan Kuda  Tradisional dilaksanakan sehari penuh dengan mempertandingkan lima kelas (A, B, C, D, E) dan kelas derbi. Setiap peserta harus menempuh 18 res (lintasan) untuk kemudian beradu ketangkasan dan kecepatan pada final.

Dari meja Panitia diperoleh informasi mereka yangberhasil menjadi juara dari masing-masing kelas. Kelas A, Suhana Kel. Awirarangan menunggang Kuda Pitot, Jaja Blok Wage Cijoho (Joko Ireng), Petruk Sanjaya Kel. Sukamulya (Ciwong).

Kelas B, Jidni Blok Lebakardin (Satria), Aget Desa Ciomas Kec. Ciawigebang (JG), Wawan Lebakardin (Mustika Ratu). Kelas C, Ami Kel. Awirarangan (Sinosun), Petruk Sanjaya Kel. Sukamulya (Pitbul Saputra), Umari Lebak Kardin (Kupil).

Kelas D, Apip Kel. Sukamulya menunggang (Jetli), Iman Cimoy  Kel. Cigadung (Raja SMS), Anom Blok Lebakardin (Saton Anom).

Kelas E, Gilang Kel.  Winduhaji (Rawit), Ono Desa Gereba Kec, Kramatmulya (Rawit), Azid Arab Kel. Winduhaji (Kukut).
Kelas Derbi, Arif Ciawigebang (Gerandong), Topik Cijoho Landeuh (Stenli), dan Jidni Winduhaji (Pancal). (tan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: