h1

Mamat Robby Tokoh Pendidikan Kuningan

22 Maret 2012

Kramatmulya, IB

PGRI Kecamatan Kramatmulya mendaulat H.T. Mamat Robby Suganda, S.Sos, Ketua Komisi C DPRD Jawa Barat sebagai Tokoh Pendidikan Kabupaten Kuningan. Pendaulatan itu karena Mamat Robby dinilai telah banyak berjasa pada sektor pendidikan di Kabupaten Kuningan, termasuk kucuran anggaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Selain kepada Mamat Robby, ditokohkan pula Drs. H. Dadang Supardan, M.Si, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kab. Kuningan. Dadang Supardan sebelumnya merupakan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, yang kemudian digantikan oleh Drs. H. Maman Suparman, MM.

Ungkapan itu disampaikan oleh Drs. H. Ayip Syarif Rahmatullah, M.Pd, Kepala UPTD Kec. Kramatmulya. Ia berbicara mewakili pengelola PAUD, K3S, PGRI dan UPTD Pendidikan Kec. Kramatmulya saat halal bil halal keluarga besar PGRI dan pelepasan empat orang jemaah calon haji (calhaj) di halaman Kantor UPTD Pendidikan Kramatmulya, Kamis (29/9/11).

Ayip mengucapkan terima kasih atas kucuran bantuan provinsi melalui perjuangan H. Robby untuk pembangunan gedung UPTD tersebut. “Melalui usaha Pak Robby, akhirnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengucurkan anggaran senilai Rp. 500 juta pada tahun 2010 lalu. Kini bangunan ini telah mencapai lima puluh persen, dan lima persen lagi untuk lantai dua sedang dalam penyelesaian,” ujarnya.

Ia berharap untuk tahap ke II, Pemkab Kuningan memberikan bantuan lanjutan.  “Kendati permohonan telah diusahakan masuk pada tahun 2010, namun hingga tahun 2011 belum ada realisasinya,” katanya.

Menurut Ayip, kebersamaan H. Robby sebagai tokoh pendidikan sudah terjalin sejak lama, bahkan sejak pemilihan legislatif dulu. Apalagi, H. Robby merupakan tokoh pendidikan yang telah teruji berkat kesuksesannya membangun SMK Auto Matsuda dan banyaknya kucuran dana untuk sektor pendidikan di Kabupaten Kuningan.

Ketokohan H. Robby dibidang pendidikan diungkapkan pula oleh Kasubag Umum, Drs. Suharso, M.Pd yang hadir mewakili kepala Disdikpora Kab. Kuningan. Ia menyebutkan bahwa ketua Komisi C DPRD Jabar itu sudah lama berkecimpung di dunia pendidikan, bersama PGRI yang terus berkiprah didunia pendidikan. “Sudah sepantasnya H. Robby dijadikan tokoh pendidikan Kabupaten Kuningan,” ujar anggota Dewan Pakar PGRI Kuningan ini.

Suharso mengakui pembangunan Kantor UPTD Kramatmulya belum tuntas. Untuk solusinya harus dilakukan kebersamaan antara para guru dan bantuan H. Robby.

Tokoh Pendidikan, H. Dadang Supardan, M.Si mengatakan, pendidikan sangat penting bagi manusia. Bahkan, sudah sejak awal ketika Rosulullah menerima wahyu pertama berbunyi iqro yang esensinya adalah perintah belajar kepada kita semua.

“Disinilah betapa pentingnya pendidikan dalam kemajuan bangsa. Ketika Jepang kalah dalam perang dunia ke-II, yang ditanyakan berapa guru yang masih tersisa. Begitu pula di zaman sekarang, setiap orang tua sering mendengarkan pertanyaan dimana anaknya sekolah,” terang H. Dadang.

Wakil Ketua PGRI Kab. Kuningan, Drs. H. Maman Suherman, MM menjelaskan, saat ini derajat guru semakin diperhatikan, terutama dengan adanya sertifikasi yang otomatis meningkatkan kesejahteraan para guru. Apalagi saat ini keadaan guru hampir 90% telah memenuhi standard kualifikasi pendidikan.

Sementara, H.T. Mamat Robby Suganda, menuturkan kisahnya sejak kecil, ketika memulai sekolah di SDN Cipondok Kec. Cibingbin, dilanjutkan ke SMPN Cibingbin, dan SMAN Luragung.

Ia juga mengatakan bahwa keberhasilannya menapaki karir sebagai anggota legislatif dari Partai Demokrat, tidak lepas dari sokongan PGRI Kabupaten Kuningan. Sedangkan mengenai bantuan yang dikucurkan ke Kuningan, Ia mengaku hal itu merupakan perjuangan bersama, bukan hanya dirinya.

“Bantuan yang mengucur itu berkat kerja sama semua pihak, baik saya, bupati ataupun Dinas Pendidikan. Secara kebetulan saya berasal dari Daerah Pemilihan Jawa Barat X yang meliputi Ciamis, Kuningan dan Banjar. Tentu saja, sudah menjadi kewajiban saya untuk memprioritaskan daerah pemilihannya,” ujar dia.

Sebagai ketua Komisi C DPRD Jawa Barat yang membidangi anggaran, Ia akan berupaya untuk mengalirkan anggaran ke Kabupaten Kuningan.

H.T. Mamat Robby dan KH. Ayub saat menghadiri halal bil halal keluarga besar PGRI Kec. Kramatmulya, Kamis (29/9/11) di halaman UPTD Pendidikan Kramatmulya

Acara terakhir diisi dengan tausiah dari KH. Ustad Ayub, M.Si. Ia membahas materi “premium” bagi yang shaum, yakni harus pre makan dan minum, serta “solar” yaitu rajin sholat dan sabar. Selanjutnya mengenai penggunaan “pertamax” dibulan Syawal, yang tiada lain adalah pertahankan amal baik secara maximal. (dad)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: