h1

284 Napi Diberi Remisi

22 Maret 2012

Kuningan, IB

Sebanyak 284 orang narapidana yang menghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II.A Kabupaten Kuningan, Rabu (17/8/11) mendapatkan remisi umum dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Remisi yang diberikan dalam rangka peringatan Proklamasi Kemerdekaan ke-66 RI tersebut, terdiri dari 262 remisi tidak langsung bebas, dan 22 napi remisi langsung bebas.

Wakil Bupati Kuningan, Drs. H. Momon Rochmana, MM, Ketua DPRD H. Acep Purnama, SH.MH, bersama unsur Muspida dan pejabat Pemkab Kuningan lainnya hadir dalam pemberian remisi itu.

Wabup Momon Rochmana mengatakan, pemberian remisi merupakan salah satu instrumen yang dapat memotivasi agar perilaku napi selama menjalani hukuman di lapas lebih baik. “Salah satu persyaratan untuk mendapatkan remisi, narapidana harus berkelakuan baik,” ucap Momon.

Ia meminta agar remisi jangan disalahartikan sebagai bentuk kemudahan bagi warga binaan lapas untuk cepat bebas. Pemberian remisi itu justru harus dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas diri dan motivasi diri, sehingga bisa mendorong narapidana kembali memilih jalan yang benar.

Perlu disadari, kata Momon Rochmana, bahwa setiap manusia memiliki dua potensi dalam kehidupannya. Potensi itu untuk berbuat baik atau berbuat buruk. “Siapapun bisa berbuat khilaf. Tapi dengan tekad dan kesungguhan hati utuk memperbaiki diri, niscaya masyarakat akan memberikan apresiasi dan kepercayan untuk bisa kembali berada di tengah-tengah mereka,” ujarnya.

Karena itu, lanjutnya, pemberian remisi harus senantiasa dapat dijadikan semangat dan tekad bagi warga binaan untuk mengisi hari-hari menjelang bebas dan memperbanyak karya dan cipta yang bermanfaat bagi sesama. Juga, sebagai persiapan diri untuk tidak melanggar hukum lagi. Sehingga menunjang keberhasilan narapidana dalam berintegrasi dengan masyarakat.

Pemberian remisi pada Bulan Ramadhan ini pun merupakan waktu yang baik, terutama bagi ummat muslim untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, karena merupakan bulan penuh rahmat serta magfirah-Nya.

Ia memberikan apresiasi kepada warga binaan yang telah membangun kesadaran dan kesabaran dalam menjalani proses pembinaan, “Percayalah bahwa kesadaran dan kesabaran saudara merupakan sebuah titik awal yang akan mengantarkan saudara menuju kehidupan yang lebih baik lagi,” ungkapnya. (kies)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: