h1

H. Toto Hartono Pertanyakan Pemberitaannya di Media

19 Juli 2011

Kuningan, IB

Drs. H. Toto Hartono, Wakil Ketua DPRD Kuningan, di ruang kerja Fraksi Partai Demokrat, Selasa (28/6), mempertanyakan tentang pemberitaan dirinya di sebuah media cetak (koran, red) yang tidak proporsional.

Hal tersebut dipertanyakannya seiring tugasnya mewakili ketua DPRD Kuningan dalam sesuatu acara untuk mendampingi bupati Kuningan bersama-sama dengan jajaran muspida. “Masa di dalam berita yang disebutkan hanya nama bupati, dandim dan kapolres saja sedangkan nama saya tidak disebutkan,” tanyanya.

Toto mengatakan, adanya nama dia di dalam pemberitaan koran bukan berarti dirinya ingin terkenal, tapi pemberitaan itu sangat berkaitan dengan tugasnya dalam mewakili ketua. “Mungkin sekali ketika dibaca sekretaris dewan, dia akan bertanya-tanya dan menyoroti saya apakah  melaksanakan tugas tidaknya dalam mewakili unsur dewan,”  jelasnya.

Ketika itu pula Toto di hadapan IB beserta rekan wartawan lainnya mempertanyakan siapa yang mempertanggungjawabkan peliputan pemberitaan yang bertepatan dengan tugasnya dalam mendampingi bupati. Saat ada salah seorang yang menyebutkan bahwa itu merupakan tugas Bagian Humas Setda Kuningan, dia sepertinya langsung menghubungi lewat telepon genggamnya tapi tidak lama kemudian ditutupnya karena tak ada jawaban.

“Saya heran kenapa giliran saya selalu begitu, kalau hanya alasan untuk dikenal saya tidak perlu repot-repot  mempertanyakan, karena untuk di Kuningan saya sudah dianggap selebritis,” akunya.

Di tempat terpisah, salah seorang aktivis pers yang enggan disebutkan identitasnya ketika dimintai tanggapannya tentang masalah tersebut mengatakan bahwa pemberitaan itu harus proporsional. Menurutnya proporsional di dalam arti sesuai dengan apa yang dilihat, didengar, dan dicatat di lapangan. “Dengan begitu saya yakin tidak akan terjadi adanya komplen pemberitaan,” terangnya.

“Tapi dalam menanggapi keluh kesah tersebut, saya tidak akan lantas memvonis kesalahan wartawan, sebab saya belum membaca isi berita yang dikeluhkan saudara Toto,” imbuhnya. (Rda)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: