h1

H.T. Mamat Robby Suganda : Ingin Membangun Lemah Cai Kuningan

16 Mei 2011

Maleber, IB

H.T. Mamat Robby Suganda, S.Sos., pituin kelahiran Desa Dukuh Tengah Kecamatan Maleber ingin membangun lemah cai  baligeusan ngajadi (tanah kelahirannya) Kabupaten Kuningan.

Keinginan itu dibuktikannya manakala Mamat Robby dipercaya menjadi ketua Komisi C DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Partai Demokrat yang membidangi pendapatan daerah dan anggaran. Ia senantiasa berupaya keras menjalankan fungsinya, diantaranya menyalurkan aspirasi masyarakat di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat X yang meliputi Kabupaten Kuningan, Ciamis, dan Kota Banjar.

Dampaknya, selama dua tahun terakhir di DPRD Provinsi Jabar, Ia telah banyak mengucurkan bantuan untuk Kabupaten Kuningan. Menurut catatan yang diterima IB, pada 2010 Ia berhasil menggelontorkan dana sebesar Rp. 70 miliar, dan pada 2011 tak kurang dari Rp. 90 miliar kembali akan mengguyur Kota Kuda ini.

Bantuan itu dialokasikan untuk berbagai sektor pembangunan. “Saya hanya ingin membantu keinginan masyarakat untuk perubahan sesuai kemampuan yang dimiliki. Termasuk ketika saat ini dipercaya menjadi ketua Komisi C DPRD Provinsi dan menjadi anggota Panitia Anggaran,” kata ketua pembina Yayasan Auto Matsuda ini, di Desa Dukuh Tengah Kecamatan Maleber, Sabtu (30/4).

Untuk keperluan masyarakat, Ia pun memberikan sumbangan berupa sebuah ambulans gratis kepada Desa Dukuh Tengah dan bisa digunakan oleh siapapun yang membutuhkan tanpa dikenakan biaya.

Mamat Robby merupakan salah seorang putra daerah yang  cukup sukses. Ia mengawali karirnya di kota metropolitan, Jakarta sebagai pengusaha. Ia mampu menciptakan lapangan kerja dan memberikan kontribusi untuk tanah kelahirannya.

Kesuksesan saat menduduki posisi penting sebagai komisaris PT. Regan Matsuda, direktur utama PT. Tetra Suci Pratama, dan manajer marketing PT. Adeha Metalindo belum cukup bagi dia.

Sehingga, untuk mewujudkan bentuk kepedulian terhadap lemah cai, Ia pun mendonasikan sebagian hartanya untuk kemajuan dunia pendidikan dengan mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Auto Matsuda di Desa Kutaraja Kec. Maleber. Sikap peduli terhadap lemah cai ini layak diapresiasi dan diteladani oleh putra daerah lainnya yang sukses di perantauan.

“Melihat masih banyaknya yang perlu diperhatikan dan tidak bisa tersentuh dari konteks bisnis, saya kemudian menempuh jalur politik, dengan masuk menjadi anggota legislatif dari Partai Demokrat. Saya ingin membantu masyarakat dan daerah Kabupaten Kuningan agar lebih maju lagi dan agar bisa menyejahterakan masyarakat,” ujar ketua Perbasi Jabar ini.

Ketika ditanya sejauh mana kepedulian terhadap daerah kelahirannya, Ia mengungkapkan, sebenarnya dirinya lebih ngetop di Bekasi dibanding di Kuningan. Di Bekasi, katanya, Ia sudah dekat dengan walikota, wakil walikota dan mendapat dukungan FBR (Forum Betawi Rempug). Tapi karena keinginan untuk membangun Kuningan, maka dirinya lebih memilih Dapil Jabar X.

“Atas dasar keinginan untuk memajukan tanah kelahiran ini, saya lebih memilih untuk dicalonkan dari daerah pemilihan Jawa Barat X,” ucap alumni SMAN Luragung ini.

Terpisah, Ketua DPC Partai Demokrat Kab. Kuningan, Drs. H.  Toto Hartono menyambut posistif adanya keinginan dari kadernya untuk membangun lemah cai Kuningan baligeusan ngajadi.

Ia mengakui memang selama ini telah banyak yang diperjuangkan oleh kadernya itu melalui bantuan APBD Provinsi. “Saya memberikan apresiasi positif atas keinginan H. Mamat Robby untuk membangun Kabupaten Kuningan,” ucapnya melalui pesan singkatnya kepada IB.

Pendapat senada dilontarkan oleh Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kab. Kuningan, Yayat Ahadiayatna, SH.  Menurut Yayat, sudah menjadi kewajiban anggota Dewan harus berjuang meningkatkan kesejahteraan rakyat. Hal itu merupakan bentuk tangung jawab politik dan moral kepada konstituen di daerah pemilihan tanpa memilah-milah latar belakang idiologi, kelompok dan sebagainya.

“Soal Pak Mamat Robby memberi bantuan untuk membangun Kuningan sudah gak aneh, karena beliau merupakan ketua Komisi C yang membawahi bidang keuangan di DPRD Provinsi Jawa Barat. Tercatat tahun lalu saja sebesaar Rp. 60 miliar dana yang digelontorkan untuk rakyat Kuningan melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, Dinas Bina Marga, Rumah Sakit, pertanian dan lain-lain.   He is okay,” pungkasnya.

Pengobatan Gratis dihadiri Ketua IPHI Kab Kuninhgan H. Encu Sukat WS, dan H. Oding Aminudin,  Camat Darma Drs. Sadudin, M.Si, Kapolsek Darma AKP  Arisman, SH. , Ketua LSM Garis Jamaluddin. (kies/gie)

Iklan

3 komentar

  1. Wilujeung Kang Haji, abdi salaku pituin urang Dukuh Tengah ngadukung pisan kana sadaya pamaksadan Kang Haji. Sukses salamina keur urang Kuningan, Amin…..


  2. Saya dukung lah gan,…. 🙂


  3. maju terus yi……hidup kuningan…….
    hidup dukuh tengah….



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: