h1

Maman Wijaya Daftar Pertama Balon Ketua PAN

3 Mei 2011

Kuningan, IB

H. Maman Wijaya menjadi pendaftar pertama bakal calon ketua DPD Partai Amanat Nasional. Minggu siang (24/4), Ia datang sendiri mengambil formulir pendaftaran dan diterima oleh ketua Organising Comitte Musyawarah Daerah (Musda) PAN di Sekretariat DPD PAN Kab. Kuningan, Jalan Moh. Toha Kasturi Kuningan.

Sebelumnya sudah datang simpatisannya yang menamakan BMW (Barisan Maman Wijaya) memasang baliho. Dua buah baliho terpasang di dalam kantor berukuran 2 x 3 meter, dan di sebrang jalan berukuran 3 x 4 meter.

Menurut Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Kuningan dari Fraksi PAN ini, dirinya mendaftar lebih awal agar bisa lebih cepat membereskan administrasi dan melakukan konsolidasi.

Ketika ditanya mengenai motivasinya, Ia menyebutkan karena mencalonkan adalah hak setiap kader PAN untuk berbuat demi kebesaran partai dan kepentingan masyarakat, disamping punya kans (peluang) untuk memenangkan perebutan posisi ketua DPD PAN. Sebagai ketua DPC, Ia ingin lebih menunjukkan jati diri kader partai, bahwa PAN bukan hanya pengurus harian (PH DPD) saja.

Karena itu, sudah sepantasnya para pengurus DPC dan ranting se-Kab. Kuningan bisa memberikan dukungan kepada dirinya. “Saya sebagai matahari baru dari selatan akan maju tanding. Soal menang dan kalah itu urusan nanti,” ucapnya.

Hingga saat ini dirinya mengaku punya kans besar memenangkan pertarungan. “Kalau sudah tahu mau kalah, ngapain harus cape-cape konsolidasi ke setiap DPC dan ranting, dan bila tahu akan menang mungkin saya tak perlu cape-cape. Karena tak tahu akan kalah dan menang sehingga saya mencoba mencalonkan diri lebih awal, agar lebih mudah untuk melakukan konsolidasi,” ungkap mantan Kepala Desa Kadugede ini.

Sebagai kader partai dirinya ingin mewujudkan cita-cita partai menuju masyarakat Indonesia yang madani. Ia menyebut PAN sebagai partai yang dinamis dan demokratis. Dengan kondisi itu, dirinya optimis akan mendapat dukungan dari para pemegang suara.

“Dalam kesempatan ini saya mohon do’a restu dan dukungan dari seluruh komponen partai untuk mencalonkan diri sebagai ketua DPD PAN Kabupaten Kuningan,” harapnya.

Maman menegaskan, dirinya akan mencalonkan dan tidak akan melawan arus, kebijakan partai. “Menang dan kalah adalah hal biasa, karena tujuan akhir bukan untuk menjadi ketua DPD. Kalau gagal mungkin itu keberhasilan yang tertunda, dan bila berhasil memang itu yang diperlukan,” ucapnya.

Ia mengakui, PAN selama ini sudah baik hanya tinggal memperbaiki mesin politik hingga ranting agar ke depan PAN bisa lebih berkembang.

“Bagaimana kans anda bila calon itu banyak?” tanya IB. “Calon lebih banyak itu lebih baik, karena menunjukkan PAN itu demokratis dan tidak ada pemasungan tehadap hak setiap kadernya,” jawabnya.

Meski banyak, Ia mengaku kans dirinya memenangkan cukup besar. Hingga saat ini telah mendapat dukungan sembilan DPC (18 suara).

OC Muscab PAN Buka Pendaftaran

Ketua OC Musda III DPD PAN Kab. Kuningan, Heri S. Nuryasin menjelaskan bahwa SC dan OC telah membuka pendaftaran pencalonan. Pendaftaran bakal calon dimulai Minggu (24/4) pukul 13.00 wib dan berakhir pukul 24.00 wib, 30 April.

Setiap kader, simpatisan, pengurus PAN diberikan hak untuk mencalonkan diri sesuai aturan AD/ART, pedoman organisai dan realita di masyarakat. Ia menyebutkan, SC/OC dan DPD tidak berwenang mencoret pendaftar dari bursa calon ketua. Pencoretan merupakan wewenang DPP yang diajukan melalui Badan Pemenangan Pemilu DPW.

“Pada tanggal 24-30 April ini setiap bakal calon yang mengambil formulir diharuskan sudah mengembalikan formulir untuk ditetapkan sebagai calon,” terang Heri.

Musda sendiri, kata Heri, akan dilaksanakan di Hotel Ayong Linggarjati, 17 Mei depan dan diikuti oleh 137 peserta. Peserta berasal dari perwakilan DPW satu suara, DPD PAN (3) ketua, sekretaris, bendahara, 29 DPC (58) suara, dan 70 ranting/suara.

Menurut Heri, berdasarkan realita yang ada maka pemilik suara khususnya untuk ranting ditentukan berdasarkan perolehan suara hasil Pileg 2009 lalu. Setiap kecamatan yang meraih suara kelipatan 500 akan mengikutkan 1 suara. “Jadi kalau di satu kecamatan perolehan suaranya di bawah 500 suara, maka tidak ada ranting yang berhak menjadi peserta Muscab,” ucapnya.

Calon Lainnya

Setelah H. Maman Wijaya mengambil formulir pendaftaran bakal calon ketua, dalam waktu dekat dua orang calon lainnya akan segera menyusul. Keduanya adalah Hj. Nining Kurnia (Ketua DPD PAN periode 2005-2010) dan Drs. H. Toto Suharto, S.Farm, Apt (Wakil Ketua DPRD Kab. Kuningan.

Tak bisa dipungkiri selama kepemimpinan Nining Kurnia,  PAN Kab. Kuningan menunjukkan peningkatan yang luar biasa. Selama periode 2005-2010, Nining Kurnia berhasil mendongkrak perolehan suara dan kursi PAN di DPRD Kuningan. Semula pada Pemilu 2004 hanya punya 2 kursi meningkat 300% pada Pemilu 2009 menjadi 6 kursi.

Terpisah, kader PAN, Umar Hidayat memprediksi bahwa H. Toto Suharto merupakan calon terkuat yang berpeluang memenangkan pertarungaan posisi ketua DPD PAN periode 2011-2016. “Saya memprediksikan H. Toto Suharto calon ketua yang paling kuat, pasalnya ia merupakan kader partai yang loyalitasnya sudah teruji,” ujar Kepala Desa Jagara Kecamatan Darma ini. (tan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: