h1

Jubaedah Camat Perempuan Ke Empat di Kuningan

3 Mei 2011

Lebakwangi, IB

Perjuangan RA Kartini tempo dulu mengenai emansipasi wanita nampaknya hingga saat ini belum memberikan hasil yang dinginkan. Peran mereka sangat sedikit terutama dalam kancah pengambilan kebijakan.

Adanya ketimpangan itu, diakui oleh Ketua Umum TP PKK Kab. Kuningan, Hj. Utje Ch. Suganda. Saat puncak peringatan Hari Kartini ke 132. Ia mengatakan, hingga saat ini masih sedikit perempuan yang menempati jabatan atau posisi strategis. Apalagi sebagai pengambil keputusan.

Kalau kita melihat secara kasat mata, khususnya di Kabupaten Kuningan, tercatat hanya seorang perempuan yang menempati posisi Kepala Dinas yakni Ir. Triastami yang menjabat Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kab. Kuningan. Selanjutnya tiga orang pejabat perempuan yang dipercaya mengemban amanah sebagai kepala wilayah (Camat) yakni Camat Nusaherang Susilawati, S.Sos, Camat Pancalang Dra. Eni Sukarsih, M.Si dan Camat Cipicung Dian Fenti Asmara, BA.

Begitu pula yang menempati posisi eselon III lainnya, dapat dihitung dengan jari. Dengan pengangkatan Jubaedah sebagai Camat Maleber, maka sudah ada empat orang Camat perempuan di Kabupaten Kuningan.

Perempuan kelahiran 10 April 1962, pertama kali menjabat di Kantor Kecamatan Lebakwangi. Ia telah dua kali promosi, pertama dari Kasi Pembangunan Kantor Camat Lebakwangi menjadi Sekmat, 23 Maret 2009. Kemudian menjadi  Camat Maleber pada 21 April 2011 ini.

Saat ditanya mengenai posisi barunya, Endah menjelaskan, pada prinsipnya selaku pegawai negeri siap ditempatkan dimana saja. “Bagi saya menjadi pejabat ditempatkan dimana pun siap saja, dan akan berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” kata Edah saat ditemui IB seusai pelantikan di Pendopo Bupati Kuningan.

Ia sedikit menuturkan, sejak diangkat menjadi  PNS, dirinya banyak menghabiskan waktu sebagai Jupen (Juru Penerang) pada Kantor Penerangan Kab. Kuningan. Pasca bubarnya Departemen Penerangan termasuk Kantor Penerangan, dirinya ngendon di Kantor Kecamatan Lebakwangi, dengan posisi terakhir sebagi Kasi Pembangunan. (tan/gie)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: