h1

Bupati Kuningan Ajukan 12 Raperda

3 Mei 2011

Kuningan, IB

Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda, S.Sos pada rapat paripurna DPRD Kab. Kuningan, Jum’at (15/4) mengajukan 12 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Ke 12 Raperda itu adalah Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana; Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Badan Penanggulangan Bencana; Kerjasama Daerah; Penyertaan Modal Daerah kepada Pihak Ketiga; Penanaman Modal.

Selanjutnya, Pembinaan, Penataan Pusat Perbelanjaan, Pasar Tradisonal dan Toko Modern; Kebun Raya Kuningan; Penatausahaan Hasil Hutan; Retribusi Pelayanan pendidikan; Pencabutan 14 Perda Kabupaten Kuningan yang mengatur Retribusi Daerah; Penyelenggaraan Ketenagakerjaan; Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Kantor Layanan Pengadaan secara Elektronik Kabupaten Kuningan.

Mengacu pada UU No. 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana bahwa Pemda menjadi penanggungjawab di daerah. Tugas tersebut akan dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Kabupaten Kuningan merupakan daerah yang frekuensi terjadi bencana alam cukup tinggi, sehingga memerlukan penanganan secara seksama, sistematis, terpadu dan terkordinasi.

Ia menyoroti pula mengenai tata kelola pasar bukan sekedar masalah ekonomi, melainkan meliputi aspek sosial, politik dan budaya. Dari sudut historis, keberadaan pasar lokal adalah bagian dari dinamika masyarakat atau komunitas setempat yang saling membutuhkan.

Sebagai dampak perkembangan pusat perbelanjaan modern. Para pedagang kecil dan pasar tradisional semakin terjepit. Padahal, pasar tradisional adalah asset yang menghidupi banyak orang. Ratusan ribu orang menggantungkan hidupnya pada pasar tradisional.

Oleh karena itu, sangat diperlukan ada pengaturan tegas tentang pusat perbelanjaan modern dan pasar tradisional, agar pedagang kecil tidak mati.

Ketua Badan Legislatif (Banleg) DPRD Kab. Kuningan, Nuzul Rachdy, SE menjelaskan, setiap Raperda yang masuk harus memperhatikan beberapa aspek. “Bentuk dan sistematika Raperda harus mengacu kepada Undang Undang nomor 10 tahun 2010 tentang Tata Cara Pemben-tukan Peraturan Daerah. Kemudian ada pertimbangan yang perlu dikedepankan, diantaranya unsur filosofis, yuridis, dan sosiologis,” katanya menjelaskan.

Menurut Zul, dari 12 Raperda hanya empat Raperda yang menyertakan naskah akademik.  “Naskah akademik ini bukan sesuatu yang bersifat wajib, yang penting ada keterangan atau penjelasan mengenai kelayakan Raperda tersebut. Lebih baik lunak tapi dilaksanakan,” kata anggota Fraksi PDIP ini.

Ia pun menyoroti khususnya mengenai pasar modern yang sudah tidak terkendali terutama jam operasionalnya yang mencapai 24 jam. “Jarak antar pasar modern tersebut minimal 500 meter dengan jam operasional dimulai pukul 10.00 pagi hingga 22.00 malam. Ini dilakukan agar pasar tradisional tidak lagi tergencet oleh keberadaan pasar modern yang semakin merajalela,” terangnya. (tan)

Iklan

One comment

  1. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://uangtebal.wordpress.com/



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: