h1

Bina Wilayah KUKM Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

3 Mei 2011

Cigugur, IB

Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kuningan melakukan bina wilayah koperasi bagi koperasi dan UKM (usaha kecil dan menengah). Ketua Panitia, Drs. Yayat Supriyatna menjelaskan, kegiatan Bina Koperasi UKM di wilayah kecamatan merupakan upaya peningkatan perekonomian masyarakat.

Binwil ini dilaksanakan di Hotel Purnama Mulia Cigugur Kamis (21/4), diikuti oleh 80 peserta dari lima kecamatan di wilayah I dan III. Mereka berasal dari unsur pengurus/pengelola koperasi yang tersebar di Kabupaten Kuningan.

Menurut Yayat, tujuan kegiatan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas usaha KUKM di wilayah kecamatan sehingga dapat memperkuat kapasitas kelembagaan dan kualitas pelayanan usaha koperasi. Akhirnya dapat mensejahterakan anggotanya dan masyarakat sekitarnya dalam upaya mendorong peran KUKM sebagai pelaku ekonomi daerah.

Adapun materi kegiatan meliputi kebijakan Pemkab Kuningan dan Dinas KUKM dalam pemberdayaan KUKM; gerakan masyarakat sadar koperasi; strategi pemberdayaan koperasi dan UKM. Juga, peran Dekopinda sebagai wadah gerakan koperasi, serta, peran Kadin sebagai motor penggerak KUKM dalam meningkatkan ekonomi daerah.

Kabid Pemberdayaan Koperasi, Denni Sukriamdani, SH menjelaskan, program pada bidang pemberdayaan koperasi meliputi usaha, fasilitasi, SDM (sumber daya manusia), dan pemasaran.

Usaha yang dilakukan meliputi pemihakan, kepastian usaha, kesempatan usaha, perlidungan usaha, bimbingan dan pendampingan, serta peningkatan kemampuan. Untuk fasilitasi meliputi bidang pembiayaan, kemitraan, teknologi, sarana dan prasarana, intermediasi, legalitas, peraturan/UU.

Bidang SDM dilakukan melalui pelatihan, bintek, magang, studi banding, penyuluhan, seminar, advokasi. Sedangkan pemasaran dilakukan dengan kegiatan pameran lokal, regional nasional dan internasional. Selanjutnya temu usaha, informasi pasar, jaringan usaha, informasi dan publikasi.

Fokus pada 2011 dilakukan dengan program pemberdayaan dan pengembangan koperasi di wilayah kecamatan. Tujuannya untuk mewujudkan satu calon kecamatan koperasi menjadi kecamatan koperasi di tahun 2011. Sasarannya minimal tiga koperasi sehat yang berkualitas, sesuai dengan prinsip dan nilai dasar koperasi.

Program fasilitasi, dengan tujuan meningkatkan akses koperasi dalam pembiayaan, penguasaan pasar, pengembangan jejaring usaha dan pengembangan kemitraan usaha dengan para pihak pelaku usaha lainnya.

Program peningkatan kualitas SDM koperasi bagi pengurus, pengelola, anggota dan masyarakat koperasi dengan tujuan meningkatkan profesionalisme bagi pelaksana perkoperasian .

Program koperasi di wilayah perbatasan kabupaten atau provinsi, dengan tujuan koperasi dapat berperan sebagai pelaku ekonomi yang mampu  memberikan manfaat bagi masyarakat di wilayah perbatasan.

Program peningkatan keterampilan usaha bagi para siswa/santri di pondok pesantren, dengan tujuan  menciptakan dan mempersiapkan para wirausaha baru bagi para siswa/santri.

Kegiatan sendiri dibuka oleh Kepala Dinas KUKM, Drs. Uca Somantri, M.Si mewakil Bupati Kuningan. (tan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: