h1

Arief Yani Pimpin PD Muhammadiyah Kuningan

14 April 2011

Cigugur, IB

Drs. ARIEF YANI, MM terpilih menjadi ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kab. Kuningan periode 2010 – 2015. Arief Yani dan Drs. Rosid Iswail terpilih pada Musyawarah Daerah (Musda) Muhammadiyah XI, 2 – 3 April 2011 di Kampus Muhammadiyah Kuningan.

Pemilihan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama memilih 11 orang dari 22 calon tetap untuk menjadi formatur. Ke – 11 orang ini kemudian memilih ketua dan sekretaris diantara mereka untuk periode 2010 – 2015.

H. Abidin, ketua lama menjelaskan, salah satu kekuatan Muhammadiyah terletak pada sistem kepemimpinan kolektif kolegial. Disamping, pimpinan dan anggota istiqomah berpegang teguh pada visi dan misi perserikatan yang bersumber pada Qur’an dan Sunnah berbasis pada spirit al’maun.

Gerakan Muhammadiyah adalah gerakan reformasi keagamaan, tapi bukan membuat agama baru. Muhammadiyah selalu mempertautkan nas-nas Al Qur’an dan Sunah, dan realitas. Dalam hal ini ada dua gerakan pembaharuan Muhammadiyah yaitu pemurnian (purifikasi) ajaran Islam atau ar-ruju ilal Qur’an wa sunnah, dan dinamisasi.

Purifikasi yaitu gerakan memurnikan bidang akidah dan ibadah. Sedang dinamisasi bergerak dibidang kemajuan muamalah duniawiyah (kemajuan Iptek).

Usaha pengembangan Iptek itu dibuktikan dengan berdirinya SMK, yang telah membangun jaringan kerjasama dengan dunia usaha dan menyalurkan para lulusan. Selanjutnya, mendirikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (AKFAR dan STKIP) di Kuningan bertujuan mencetak kader kepada masyarakat.

Ke depan, akan membangun Asrama dan Pesantren di atas tanah wakaf seluas 400 bata. Pembangunan akan memanfaatkan bantuan dari Menteri Perumahan Rakyat berupa dua “twint block rusunawa”.

Ketua Panitia, Drs. Arief Yani, MM menjelaskan, Musda XI Muhammadiyah diikuti oleh 166 peserta. Mereka berasal dari unsur PDM, pengurus cabang, pengurus ranting, dan organisasi  otonom (pemuda, IKPM, Ikatan Pelajar, dan Aisyiah) masing-masing dua peserta.

Ia menyebutkan, setiap calon harus diusulkan oleh peserta, jadi tidak boleh mencalonkan diri. Panlih kemudian melakukan verifikasi terhadap 31 calon yang memenuhi syarat, selanjutnya hasil verifikasi itu menghasilkan 22 calon yang memenuhi syarat dan berhak dipilih.  Setelah itu, ke 11 orang ini akan melakukan musyawarah untuk menentukan siapa yang menjadi ketua dan pengurus lainnya. Tidak harus, bahwa orang yang mendapat suara terbanyak lantas menjadi ketua.

Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda menjelaskan, Kabupaten Kuningan dalam mewujudkan visinya tak hanya membangun sektor infrastruktur saja, melainkan juga pembangunan mental spiritual.

Nampak dari pembangunan Kuningan Islamic Centre (KIC) di Jalan Lingkar Cijoho yang telah mencapai 90% dan akan diresmikan pada 1 September depan. “Kita juga membangun obyek wisata baru yakni Taman Bungkirit, dan untuk sementara masih gratis,” kata Aang.

Berkenaan Musda Muhammadiyah, Ia memberikan apresiasi bahwa organisasi itu sudah mampu melewati berbagai zaman untuk menjadikan umat terbaik yang berpegang pada aqidah, syariah dan muamalah. “Muhammadiyah merupakan asset masyarakat Kuningan. Apalagi kerukunan umat beragama di Kuningan sangat baik dan kondusif,” ucapnya.

Sekretaris Umum Pimpinan Wilayah Muhamamdiyah (PWM) Jawa Barat, Prof. Dr. H. Mahfud Safi’i memberikan apresiasi atas kepedulian Bupati Kuningan yang telah mengalokasikan bantuan sebesar Rp. 250 juta untuk pembangunan sarana dan prasana Muhammadiyah.

Muhammmadiyah memang telah teruji. Sejak berdiri tahun 1912 hingga kini tetap eksis dibidang pendidikan dan pembangunan umat. Begitu pula pada masa kemerdekaan, Muhammadiyah berperan besar dalam menggoalkan salah satu tujuan negara yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Kita akan tetap berdiri dengan berpegang teguh kepada lima doktrin dan tidak bergerak pada politik praktis. Sehingga kader-kades Muhammadiyah bisa masuk ke partai mana saja,” ungkapnya.

Perkembangannya pun sungguh luar biasa. Hingga saat ini secara nasional tercatat sebanyak 35 juta orang menjadi anggota Muhammadiyah. Di Jawa Barat sendiri tercatat 15 juta anggota.

“Salah satu keunggulan kami yakni asset adalah milik perserikatan, bukan orang per orang,” sebutnya. (tan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: