h1

BPMD Jangan Seperti Kasir

12 Oktober 2010

Bandung, IB

Anggota Komisi A DPRD Jawa Barat, Endang Ahmad Darojat yang akrab disapa EA Darojat menyentil kinerja BPMD (Badan Pemberdayaan dan Pemerintah Desa) Provinsi Jawa Barat. Ia menyebut kinerja BPMD jangan seperi kasir.

“BPMD jangan bertindak seperti kasir, yang tahunya hanya menerima dan membagikan uang saja kepada desa-desa, karena tugas pokok dan fungsinya yang lebih penting lagi yakni peningkatan kinerja dan pemberdayaan aparat pemerintah desa,” terang politisi PDI Perjuangan ini kepada IB, di ruang Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Barat, Rabu pekan lalu.

Menurut penilaian anggota DPRD Jabar dari Daerah Pemilihan Jabar X (Kabupaten Ciamis, Kuningan dan Kota Banjar) ini, desa merupakan corong dan ujung tombak pemerintahan. Tapi kapan mereka diberikan pembinaan, pendidikan dan latihan untuk meningkatkan kinerjanya.  Begitu pula tingkat kesejahteraan sangat minim. Padahal  semua unsur pemerintahan dan kementrian bermuara di desa.

Pada sisi lain, mereka harus menghadapi tugas yang sangat berat sebagai wakil pemerintah pada level yang paling rendah. Sehingga sudah sepantasnya didukung oleh sumber daya manusia baik melalui pembinaan, pelatihan atau pendidikan, serta perlu didukung kesejahteraan yang layak agar kinerja mereka semakin baik.

“Kalau desa maju dan kuat, niscaya negara juga akan lebih maju dan memiliki ketangguhan, sehingga diperhitungkan dimata dunia internasional,” ungkap mantan anggota DPR RI itu.

Sebagai anggota Komisi A yang didalamnya membidangi desa, dirinya berjanji akan memperjuangkan aspirasi dari para kepala desa dan perangkat desa. Setidaknya, kata pengagum Bung Karno ini, mereka dapat menerima penghasilan yang layak, tidak seperti sekarang ini.

“Saya akan ngotot memperjuangkan nasib para kepala desa dan perangkat desa agar kesejahteraannya meningkat lebih baik dari sekarang,” tegasnya. (tan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: