h1

Mei 2010 Sensus Penduduk Serentak Dilakukan

27 April 2010

Kuningan, IB

Sensus penduduk akan dilakukan secara serentak seluruh wilayah Indonesia, mulai 1 – 31 Mei 2010. Hal itu terungkap dalam sosialisasi sensus penduduk 2010 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kab. Kuningan di Ruang Rapat Sekda Kuningan, Kamis (8/14).

“Dengan sosialisasi ini diharapkan pelaksanaan sensus penduduk akan berjalan lancar dan sukses. Secara nasional sensus melibatkan 60.000 orang petugas, khusus di Kuningan oleh 600 petugas,” terang Kepala BPS Kuningan, Dede Herdiman, S.Sos.

Sosialisasi dihadiri Bupati, Muspida, pimpinan SOPD, dan para camat se-Kab. Kuningan. Selanjutnya akan dilakukan sosialisasi di lima wilayah.

Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda mengatakan, pemerintah akan melaksanaknan sensus penduduk 2010. Ini merupakan amanat negara, yang dilaksanakan oleh BPS sebagai pengumpul, penyusun dan pengolah data kependudukan di suatu negara atau wilayah. “Saya harap BPS bisa bekerja dengan cermat dan akurat,” katanya. Ketersediaan data kependudukan yang berkualitas, sebutnya, akan menentukan arah perencanaan pembanguan.

“Saya menilihat data BPS hasil sensus belum maksimal. Terbukti dalam penetapan penduduk miskin dan angka IPM masih berbeda-beda,” kata Aang.

Dengan sensus penduduk akan memudahkan dalam monitoring, evaluasi program pembangunan. Sehingga diharapkan tidak ada perbedaan yang tajam seperti angka kemiskinan antara Dinas Kesehatan, Bapeda, dan BPS.

Seperti menurut data Bapeda, penduduk Kuningan sekira 1.170.000 jiwa. Karena itu, sensus supaya kongkrit mengenai jumlah penduduk, angka kemiskinan dan pengangguran, “Ini untuk memudah kan pelayanan dengan jumlah penduduk tepat,” kata Aang. (tan)

Iklan

One comment

  1. saya butuh data luas areal tanaman sayuran dan palawija,dan potensi masing-masing kecamatan di kabupaten kuningan



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: