h1

PDAM Kuningan Akan Bangun Cibeningayu

27 Maret 2010

Kuningan, IB

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kuningan berencana membangun regionalisasi penyediaan air baku kawasan Cibeningayu (Cirebon, Brebes, Kuningan dan Indramayu), terdiri dari Cibeningayu 1, dan Cibeningayu 2 dengan memanfaatkan potensi air dari Waduk Darma.

Rencana itu didasari oleh pertemuan empat PDAM yakni PDAM Kuningan, PDAM Kab. Cirebon, PDAM Kota Cirebon dan PDAM Kab. Indramayu, Januari lalu. Pertemuan difasilitasi Dirjen SDA (Sumber Daya Air) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung.

Sedangkan usulan regionalisasi dimaksud, dilakukan PDAM Kuningan pada 2009. Dalam hal ini, Dirjen SDA dan Dirjen Cipta karya merespon baik, terutama dalam mendukung program MDG’s dan program Penambahan 10 Juta Sambungan Rumah.

Direktur PDAM Kuningan, H. Kamdan, SE dalam eksposnya kepada Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Lc., mengemukakan, ide dan gagasan membangun Cibeningayu adalah dalam rangka memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya memohon bantuan kepada pemerintah pusat melalui Dirjen SDA untuk membuat reservoir raksasa dan bak penampungan air.

Dia juga meminta dukungan moril dan materil kepada Pemprov Jabar melalui gubernur. “Nantinya air yang ada akan disalurkan ke Kabupaten/Kota Cirebon, Kabu paten Indramayu dan Kabupaten Brebes,” jelasnya, di Ruang Rapat Sekda Kuningan, Minggu (21/2).

Disebutkan, Kabupaten Kuningan merupakan daerah yang memiliki potensi sumber air (supply). Sementara Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Brebes sebagai wilayah potensi pasar (demand). “Potensi dari 620 titik mata air ada di sembilan kecamatan yaitu Darma, Kadugede, Cigugur, Kuningan, Kramatmulya, Jalaksana, Cilimus, Mandirancan dan Pasawahan. Jumlah potensi yang belum termanfaatkan optimal 156 titik, dengan karateristik 147 mengalir sepanjang tahun, empat titik sembilan bulanan, tiga titik enam bulanan dan dua titik tiga bulanan,” terangnya.

Sementara Gubernur Ahmad Heryawan sangat menyambut baik rencana pembangunan Cibeningayu. Hal ini, katanya, karena pembangunan itu memiliki tujuan yang sangat mulia yakni melayani masyarakat Kuningan dan daerah-daerah tetangga. “Kita semua tau bahwa persoalan air merupakan permasalahan yang sangat fundamental karena menyangkut seluruh elemen masyarakat,” katanya.

Acara dihadiri Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, Kepala BKPP Cirebon H. Ano Sutriso, Sekda Kuningan Nandang Sudrajat, dan para kepala dinas terkait dari Pemprov Jabar dan Pemkab Kuningan. (tan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: